BPJS Kesehatan Semarang Ajak Warga Rutin Olahraga Untuk Cegah Penyakit Kronis

Semarang, Idola 92.6 FM – Kepala BPJS Kesehatan Kantor Cabang Utama Semarang Bimantoro mengatakan berperilaku hidup sehat dan mudah serta murah itu gampang, hanya tinggal niat dari masing-masing pribadinya. Hal itu dikatakannya ketika mengikuti senam kolosal di Lapangan Banteng Raider, Minggu (29/7).

Menurut Bimo, panggilan akrabnya, dengan menerapkan pola hidup sehat dengan senam rutin setiap pagi, maka akan meningkatkan kebugaran dan sistem imun tubuh. Sehingga, tubuh tidak mudah sakit.

Bimo menjelaskan, dengan meningkatkan kesadaran masyarakat berperilaku hidup sehat, maka penyakit bisa dicegah. Bahkan, penyakit dengan risiko kematian semisal penyakit kronis bisa dicegah melalui pengelolaan hidup sehat.

“Kita biasakan memang di setiap faskes primer, baik puskesmas, klinik maupun dokter keluarga itu ada program pengelolaan penyakit kronis dan kita biayai. Setiap minggu kita kumpulkan orang-orang yang menderita penyakit kronis sambil berolahraga bersama dan komitmen mengubah pola hidup sehat,” kata Bimantoro.

Lebih lanjut Bimo menjelaskan, beberapa penyakit kronis berbahaya semacam hipertensi, stroke dan diabetes militus setiap tahun terjadi peningkatan yang cukup tajam. Bahkan, karena terlambat penanganannya menyebabkan penderita meninggal dunia.

Sementara, Kepala Dinas Kesehatan Kota Semarang Widoyono menambahkan, penyakit tidak menular seperti penyakit jantung, hipertensi dan gagal ginjal menjadi penyakit berbahaya akibat pola hidup tidak sehat.

“Dan berharap, olahraga masal ini menjadi sebuah gerakan masal. Olahraga adalah satu upaya pencegahan yang paling efektif,” ucapnya. (Bud)

Artikel sebelumnyaApa yang Membuat Sistem Logistik Nasional Belum Efisien?
Artikel selanjutnyaDorong Ekonomi Kerakyatan, OJK Dirikan Bank Wakaf Mikro di Setiap Pesantren

BERIKAN KOMENTAR

Tulis komentar anda!
Tulis nama anda disini