Dinkes Jateng Sosialisasi ABC ke Masyarakat di Jateng Fair 2018

Semarang, Idola 92.6 FM – Bila berkunjung ke arena Jateng Fair 2018, tidak ada salahnya jika mampir ke stan milik Dinas Kesehatan Jawa Tengah. Stan milik Dinkes Jateng itu mudah ditemui, dengan ciri sebuah balon udara berukuran besar bertuliskan Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (Germas) dengan dominan warna putih dan biru.

Staf Bagian Promosi Kesehatan (Promkes) Siti Nurngaini mengatakan di stan yang menempati lokasi tepat di pintu masuk gedung Bale Merbabu itu, masyarakat bisa memanfaatkan untuk cek kesehatan. Terutama cek gula darah dan cek kapasitas paru-paru.

Selain membuka layanan cek kesehatan gratis kepada pengunjung, jelas Aini, sapaan akrabnya, Dinkes juga melakukan sosialisasi tentang Germas. Yakni, dengan mengajak masyarakat berperilaku hidup sehat dan mengatur pola hidup.

Salah satu upaya yang coba ditanamkan kepada masyarakat agar berperilaku hidup sehat, lanjut Aini, dengan mengenalkan program ABC.

“ABC itu ada artinya. A adalah Aktivitas fisik, B-nya Buah dan sayur dimaem serta C-nya adalah Cek kesehatan rutin. Kalau pola ABC itu diterapkan masyarakat, maka bisa mencegah penyakit tidak menular,” kata Aini ditemui di stan Dinkes Jateng di Jateng Fair.

Lebih lanjut Aini menjelaskan, melalui ajang Jateng Fair 2018 ini pihaknya berharap masyarakat lebih mudah menerima sosialisasi tentang Germas. Sehingga, masyarakat di dalam menjaga dan mengatur pola hidup sehat bisa lebih maksimal.

“Di Germas itu kami mencoba mengedukasi masyarakat hidup sehat, mencegah dan mendeteksi dini penyakit serta peningkatan perilaku hidup sehat melalui percepatan perbaikan gizi,” tandasnya. (Bud)

Artikel sebelumnyaSDM Pegang Peran Penting dalam Pembangunan Bangsa
Artikel selanjutnyaBagaimana Merevitalisasi Universitas sebagai Institusi Budaya di Tengah Berbagai Tantangan Global?

BERIKAN KOMENTAR

Tulis komentar anda!
Tulis nama anda disini