Ganjar: Ayo Kerja Bersama Turunkan Angka Kemiskinan di Jateng

Semarang, Idola 92.6 FM – Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo mengatakan upaya pemprov di dalam menurunkan angka kemiskinan, terus dilakukan secara masif dan terstruktur. Tujuannya, warga miskin di provinsi ini terus berkurang dan masuk kategori keluarga sejahtera.

Pengentasan kemiskinan, jelas Ganjar, tidak bisa dilakukan secara instan dan harus bertahap serta melibatkan banyak pihak. Mulai dari level provinsi sampai dengan pemerintahan di desa.

Menurutnya, untuk level pemerintahan di dalam menerapkan program pengentasan kemiskinan dibutuhkan ketepatan data warga miskin. Sehingga, program atau kebijakan yang diambil tidak meleset.

Oleh karena itu, semua kabupaten/kota di Jateng hingga pemerintah desa harus bisa memetakan warga miskin di daerahnya, agar program penggentasan kemiskinan bisa terarah.

“Kabupaten/kota bahkan level desa ada kesadaran penuh, tidak malu dan mengerti bahwa di tempatnya warga kemiskinan masih banyak. Tugas provinsi sebenarnya merangsang dan memberikan data, termasuk berbagi program, apakah itu rumah tidak layak huni atau yang lainnya,” kata Ganjar, Kamis (26/7).

Lebih lanjut Ganjar menjelaskan, pemprov akan bersinergi dengan pemerintah pusat di dalam “mengeroyok” warga miskin dengan pendampingan program padat karya. Namun demikian, yang lebih penting adalah mampu mendorong masyarakat untuk bisa memiliki kemandirian ekonomi. (Bud)

Artikel sebelumnyaHindari Kena MERS, Menkes Minta Jamaah Calon Haji Tak Dekati Unta
Artikel selanjutnyaPLN Kirim 30 Mahasiswa UGM Dalam Ekspedisi Papua Terang