Inflasi Jateng Hingga Akhir Tahun Masih Terjaga

Semarang, Idola 92.6 FM – Laju inflasi bulanan hingga pekan terakhir Oktober 2018, masih terjaga. Yakni, untuk inflasi Oktober 2018 sebesar 0,30 persen. Hal itu ditekankan Kepala Kantor Perwakilan Bank Indonesia Jawa Tengah Hamid Ponco Wibowo, saat membuka BI Corner di Universitas Tidar Magelang, Senin (5/11) kemarin.

Menurutnya, inflasi Oktober 2018 terhadap Desember 2017 mencapai 2,13 persen. Artinya, laju inflasi masih berjalan sesuai dengan koridor yang diharapkan.

Ponco menjelaskan, hingga akhir tahun nanti dirinya optimistis jika inflasi Jateng berada di angka 3,15 persen plus minus satu persen.

Dengan demikian, lanjut Ponco, kondisi tersebut masih sejalan dengan target sasaran inflasi bank sentral yang ditetapkan nasional. Sehingga, ke depan pergerakan inflasi bisa sesuai dengan harapan.

“Target inflasi 2018 itu 3,5 persen plus minus satu persen. Sampai Oktober 2,13 persen. Jadi, dengan dua bulan ini di akhir 2018 mudah-mudahan bisa tercapai. Karena, di Desember biasanya akan naik juga inflasinya,” kata Ponco.

Lebih lanjut Ponco menjelaskan, masih terjaganya inflasi di Jateng karena perekonomian yang kondisinya tidak terlalu banyak gejolak. Selain itu, nilai investasi yang masuk ke Jateng juga cukup banyak.

Namun demikian, lanjut Ponco, dirinya tetap harus mewaspadai pergerakan perekonomian saat memasuki akhir tahun. Karena, tradisi menjelang tutup tahun akan terjadi pergerakan kenaikan harga. Terutama di sektor bahan makanan dan transportasi. (Bud)

Artikel sebelumnyaGanjar: ASN di Jateng Harus Netral Selama Pilpres 2019
Artikel selanjutnyaBagaimana Menguatkan Kohesi Masyarakat di Tengah Ancaman Era Disrupsi atas Tafsir Agama?