Kapolda: Proyek Infrastruktur Nasional Yang Melintas di Jateng Siap Kami Amankan

Semarang, Idola 92.6 FM – Kapolda Jawa Tengah Irjen Pol Condro Kirono mengatakan pihaknya siap untuk mengamankan proyek strategis nasional (PSN) di bidang kelistrikan, yang melintas di wilayah Jateng. Yakni, proyek saluran listrik tegangan tinggi yang dilakukan PLN Unit Induk Pembangunan Jawa Bagian Tengah II.

Kepolisian, jelas kapolda, akan mengamankan pembangunan jaringan listrik yang melintas di wilayah hukumnya dengan panjang bentang 596 kilometer. Yaitu, mulai dari Tanjung Jati di Kabupaten Jepara hingga Cikarang, Bekasi, Jawa Barat.

Menurutnya, untuk ikut mengamankan proyek nasional itu, pihaknya akan menerjunkan personel dari berbagai satuan dan polres-polres yang dilintasi.

Kapolda menjelaskan, proyek tersebut akan melintasi wilayah hukum Polres Jepara hingga Polres Brebes. Upaya preemtif yang dilakukan pihak kepolisian, mulai dari sosialisasi dan negosisasi. Sedangkan langkah preventif, dengan menggelar patroli di lokasi proyek untuk memetakan potensi munculnya konflik.

“Itu kita mengikuti proyek pemerintah yang akan melintas sepanjang 500 kilometer lebih. Di mana wilayah-wilayah yang dilintasi di Jawa Tengah itu Brebes, Batang dan perbatasan Jawa Barat. Itu yang akan kita amankan. Kita kerja sama dengan PLN,” kata kapolda, Kamis (15/11).

Lebih lanjut Condro menjelaskan, potensi konflik biasanya muncul saat proses penentuan harga ganti untung dan pembebasan lahan. Apabila terjadi pelanggaran, maka pihaknya akan melakukan penegakan hukum.

“Saya berharap, proyek strategis nasional ini bisa berjalan lancar. PLN juga diharapkan bisa memberikan ganti untung kepada masyarakat, dengan harga yang pas,” pungkasnya. (Bud)

Artikel sebelumnyaGanjar: OJK Juga Harus Bisa Turut Buka Akses Permodalan Untuk UMKM dan Sektor Informal
Artikel selanjutnyaJateng Masih Jateng Provinsi Terbesar Serap KUR se-Indonesia