Kendal-Semarang Diprediksi Jadi Jalur Rawan Macet Lebaran Ini

Semarang, Idola 92.6 FM – Kepala Dinas Perhubungan Jawa Tengah Satriyo Hidayat mengatakan jalur rawan kemacetan pada mudik Lebaran tahun ini, diprediksi berada di jalan nasional. Terutama di jalur Kendal-Semarang, serta di wilayah Solo.

Pantura yang masuk provinsi ini, jelas Satriyo, terutama di jalan nasional akan ada peningkatan volume kendaraan saat arus mudik Lebaran. Tidak hanya karena kendaraan yang melintas cukup banyak, tapi juga karena adanya pasar tumpah dan perlintasan kereta api.

Menurutnya, karena jalan tol fungsional Batang-Semarang sudah difungsikan maka kendaraan pribadi dari arah Jakarta menuju Semarang memilih masuk ke ruas tersebut.

Namun, jelas Satriyo, bagi pemudik yang masih tetap melintas di jalan nasional dan ditambah kendaraan berat juga masih melintas, maka titik krusial mudik ada di wilayah Kendal-Semarang dan ditambah Solo.

Oleh karenanya, ia akan berkoordinasi dengan pihak-pihak terkait, agar bisa melakukan antisipasi dan mengurai kepadatan jika jalur Kendal-Semarang sudah tidak mampu menampung volumen kendaraan yang melintas.

“Untuk tahun ini manajemen rekayasa lalu lintas yang paling berat di jalan nasional, ya. Kasusnya Tegal sudah terlewati, tapi yang terberat nanti di Kendal-Semarang dan Solo. Yang di Solo ada di daerah Ampel itu jembatannya hanya bisa dilalui untuk simpangan satu kendaraan saja. Jadi, kami akan koordinasi dengan pak dirlantas dan kapolres untuk sistem buka tutup,” kata Satriyo.

Lebih lanjut Satriyo menjelaskan, Lebaran tahun ini manajemennya ada sedikit perbedaan dibanding tiga Lebaran sebelumnya. Terutama soal pembatasan kendaraan berat boleh melintas. Sehingga, pihaknya akan mencari solusi agar kendaraan berat tidak menimbulkan kemacetan pada saat melintas. (Bud)

Artikel sebelumnyaHati-hati Peredaran Daging Gelonggongan Jelang Lebaran
Artikel selanjutnyaPNS Pemprov Jateng Dilarang Mudik Pakai Kendaraan Dinas

BERIKAN KOMENTAR

Tulis komentar anda!
Tulis nama anda disini