KPU Jateng Gelar Real Count Pilgub 2018

Semarang, Idola 92.6 FM – Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Jawa Tengah Joko Purnomo mengatakan pihaknya menggelar real count di website resmi milik KPU, melalui situng.kpu.go.id.

Situs resmi untuk mengetahui perolehan suara Pemilihan Gubernur (Pilgub) 2018 itu, jelas Joko, bisa diakses masyarakat umum. Proses real count dimulai sejak ditutupnya waktu pencoblosan di tempat pemungutan suara (TPS) pukul 13.00 wib, dan selesai pada pukul 12.00 malam.

Menurutnya, real count yang dilakukan itu berdasar data dari panitia pemungutan suara (PPS) dan panitia pemilihan kecamatan (PPK). Sehingga, hasil penghitungan dikirim melalui proses scanning.

Joko menjelaskan, data itu nantinya merujuk pada 68.973 TPS yang ada di 35 kabupaten/kota di Jateng dan masuk ke situs resmi milik KPU.

Tampilan halaman situng.kpu.go.id saat berita ini diposting.

Dirinya menyebut, tidak ada TPS yang terlewati dan bisa dilihat di situng.kpu.go.id serta terus bergerak setiap detiknya.

“Kita ada real count dan Insya Allah jam 12 malam sudah selesai 100 persen. Alurnya itu dari TPS C1 langsung ke KPU dan discan serta direkap. Kedua, kita memback up dengan cara rekapitulasi manual di masing-masing tingkatan. TPS wajib merekap dan diberikan PPK untuk direkap lagi dan kemudian diserahkan KPU setempat direkap kembali dan baru diserahkan kepada kita,” kata Joko.

Lebih lanjut Joko menjelaskan, real count di situs resmi milik KPU Jateng itu diyakini akurasinya sampai 99 persen berdasar hasil pemungutan suara. Dirinya juga menyakini, jika Pilkada Serentak 2018 di Jateng berjalan lancar dan data dibuka secara transparan. (Bud)

Artikel sebelumnyaHari Ini Jateng Memilih
Artikel selanjutnyaDatang ke Semarang, Mendagri Tinjau TPS Kampung Halaman