KPU Jateng Janjikan Akhir April Seluruh APK Pilgub Sudah Terpasang

Semarang, Idola 92.6 FM – Akhir April 2018 dipastikan seluruh alat peraga kampanye (APK) Pemilihan Gubernur (Pilgub) Jawa Tengah 2018 sudah terpasang di seluruh wilayah di provinsi ini. Hal itu ditegaskan Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Jateng Joko Purnomo, menyikapi aksi demo dari mahasiswa kemarin.

Dirinya mengakui, jika di beberapa daerah di provinsi ini banyak yang belum terpasang APK Pilgub 2018.

Menurutnya, ada sebagian APK yang terpaksa dilakukan lelang tambahan karena pihak pemenang lelang tidak bisa memenuhi standar dari KPU saat proses pencetakan. Sehingga, sebagian APK harus ditarik lagi dan batal dipasang.

Joko mengakui, sebenarnya ada ratusan APK yang terdiri dari baliho dan spanduk yang siap dipasang di 35 kabupaten/kota di Jateng. Namun karena harus ditarik dan lelang ulang, maka APK tersebut belum bisa dipasang.

“Untuk bahan kampanye kita ada satu yang harus lelang tambahan. Leaflet dari salah satu pemenan yang sudah didistribusikan sebagian kita tolak dan dikembalikan tidak kiita bayar. Kita putus kontaknya karena tidak sesuai dengan yang kita siapkan. Jadi, leaflet sebagian kita lelang ulang dan kita gunakan lelang cepat,” kata Joko di Semarang.

Lebih lanjut mantan ketua KPU Wonogiri itu menjelaskan, apabila pada proses lelang tambahan sudah ada pemenang lelangnya, maka diminta bisa bekerja cepat sampai dengan pendistribusian APK. Apabila lelang tambahan selesai, maka sebelum akhir April 2018 sudah bisa didistribusikan dan dipasang di semua daerah di Jateng.

“Untuk Pilgub ada tiga item APK yang kita garap, mulai dari umbul-umbul, spanduk dan baliho serta leaflet,” tandasnya. (Bud)

Artikel sebelumnyaSudirman: Generasi Milenial Bisa Dirangkul Untuk Gali Idenya
Artikel selanjutnyaMembaca Arah Peta Koalisi Jelang Pilpres 2019