KPU Jateng Pastikan Kotak Suara Karton dan Logistik Pemilu 2019 Sudah Terdistribusi

Komisioner KPU Jateng Ikhwanudin dan Muslim Aisya (keduanya duduk di tengah) saat menggelar sosialisasi dan evaluasi tahapan pendaftaran verifikasi peserta Pemilu 2019 di Hotel Ciputra, Selasa (18/12).

Semarang, Idola 93.6 FM – Komisioner Komisi Pemilihan Umum (KPU) Jawa Tengah Ikhwanudin mengatakan pihaknya memastikan, jika logistik untuk Pemilihan Umum (Pemilu) 2019 sudah didistribusikan ke seluruh wilayah di provinsi ini. Termasuk juga pendistribusian kotak suara berbahan karton atau duplex.

Untuk kebutuhan kotak suara yang berbahan karton, jelas Ikhwan, sudah diterima KPU kabupaten/kota di provinsi ini. Termasuk, sejumlah kelengkapan logistik lainnya.

Menurutnya, pro kontra tentang kotak suara berbahan karton merupakan hal yang biasa. Namun, KPU menjamin jika kotak suara berbahan karton atau duplex itu kualitasnya cukup baik dan aman.

Ikhwan menjelaskan, pemakaian kotak suara karton juga pernah dilakukan pada 2014 dan di beberapa pemilihan kepala daerah (pilkada). Bahkan, di dalam UU Nomor 7 Tahun 2017 tentang Pemilu juga memberikan payung hukum mengenai kotak suara berbahan karton itu.

“Kita pakai berbahan karton atau duplex, bukan kardus. Materialnya kedap air. Itu sudah dimulai pada 2014, karena dulu kan ada sebagian yang kotaknya rusak atau hilang. Sesuai dengan UU Nomor 7 Tahun 2017 tentang Pemilu, disebutkan jika kotak suara berbentuk transparan. Sehingga, surat suara yang ada di dalamnya bisa dilihat dari luar. Dari sisi kualitas dan pengamannya juga sudah diuji,” kata Ikhwan, Selasa (18/12).

Lebih lanjut Ikhwan menjelaskan, berkaitan dengan penyimpanan logistik Pemilu 2019 agar tidak mudah rusak, juga sudah disiapkan gudang penyimpanan di masing-masing KPU kabupaten/kota. Sehingga, saat akan digunakan logistik masih dalam keadaan baik.

“Penyimpanan di gudang, baik milik KPU atau sewa standarnya sudah ditetapkan. Perawatan logistik juga diperhatikan,” pungkasnya. (Bud)

Artikel sebelumnyaHIPMI Jateng Siapkan Aplikasi Khusus Untuk Angkat Pengusaha Pemula Bersaing di Dunia Industri
Artikel selanjutnyaPelabuhan Tanjung Emas Siapkan 10 Armada Kapal Laut Layani Libur Nataru

BERIKAN KOMENTAR

Tulis komentar anda!
Tulis nama anda disini