KUR Klaster Jadi Program Pemberdayaan Ekonomi Rakyat

Semarang, Idola 92.6 FM – Kepala Kantor Regional (Kanreg) 3 OJK Jawa Tengah-Yogyakarta Bambang Kiswono mengatakan di dalam mendorong peningkatan dan pemerataan kesejahteraan masyarakat, pihaknya akan mengembangkan kredit usaha rakyat (KUR) klaster. Yakni, penyaluran KUR yang dibarengi dengan pendampingan dan pemasaran produk dari perusahaan indukannya. Misalnya Badan Usaha Milik Negara (BUMN), BUMDes/BUMADes maupun swasta.

Menurutnya, upaya untuk peningkatan penyaluran dan penyerapan KUR adalah melalui KUR Klaster. Sehingga, KUR yang disalurkan bisa tersalur dan terserap maksimal dari para pelaku usaha di Jateng. Dampak besarnya, mampu mendorong pengembangan ekonomi daerah.

“Jadi nanti ke depan tetap ada penyaluran KUR tapi diiringi dengan pendampingan. Jadi per kluster, lebih terkelompok ada pendampingannya. Bisa dilakukan pihak Bumdes, swasta atau bisa juga BUMN. Kita memfasilitasi semuanya dan mendekatkan para industri keuangan untuk bersama mengembangkan KUR,” kata Bambang, Senin (5/2).

Lebih lanjut Bambang menjelaskan, melalui KUR Klaster yang disesuaikan dengan potensi daerah masing-masing itu maka upaya pemberdayaan ekonomi kerakyatan bisa tercapai. (Bud)

Artikel sebelumnyaBeras Memberi Andil Inflasi di Jateng 0,46 Persen
Artikel selanjutnyaSudirman Said Anggap Korupsi Jadi Penghalang Masyarakat Sejahtera
Wartawan senior Radio Idola Semarang.