Menakar Tantangan dan Bagaimana Mestinya Guru Beradaptasi di Era Digital?

Semarang, Idola 92.6 FM – Buku bisa digantikan dengan teknologi tetapi peran guru tidak bisa digantikan. Bahkan, harus diperkuat. Pada era sekarang, guru harus mampu memanfaatkan teknologi digital untuk mendesain pembelajaran yang kreatif.

Kemampuan para guru untuk mendidik pada era pembelajaran digital dinilai perlu disiapkan dengan memperkuat pedagogi siber pada diri guru. Guru yang lebih banyak berperan sebagai fasilitator harus mampu memanfaatkan teknologi digital yang ada untuk mendesain pembelajaran kreatif yang memampukan siswa aktif dan berpikir kritis. Ketua Divisi Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI) Smart Learning Cemter-Richardus Eko Indrajit menyampaikan, guru harus mulai dibiasakan untuk merasakan pembelajaran digital yang terus berkembang. Sebab, penggunaan teknologi dalam pembelajaran berguna untuk memfasilitasi pembelajaran yang berkualitas.

Lantas, menyikapi hal ini, pertanyaan besarnya: Peran krusial apa bagi guru di era digital saat ini? Sudahkah hal ini diantisipasi oleh pemerintah? Apa pula hambatan lain yang membuat sistem pendidikan kita masih belum adaptatif dengan berbagai perubahan?

Guna menjawab pertanyaan-pertanyaan itu, Radio Idola Semarang berdiskusi dengan beberapa narasumber, yakni: Unifah Rosyidi (Ketua Umum PB PGRI) dan Tukiman Taruno (Pengamat Pendidikan dari Unika Soegijapranata Semarang). [Heri CS]

Berikut diskusinya:

Artikel sebelumnyaBNN Jateng Sebut Peredaran Narkoba Sudah ke Ponpes
Artikel selanjutnyaMembaca “Politik Kaos” Jelang Pilpres 2019

BERIKAN KOMENTAR

Tulis komentar anda!
Tulis nama anda disini