Peran Guru pada Era Digital, Sosok Guru Seperti Apa yang Dibutuhkan Generasi Digital?

Semarang, Idola 92.6 FM – Saat ini teknologi digital sudah sangat luas dalam hal penerapan dan dampaknya. Massive open on line course atau penerapan teknologi digital dalam pemelajaran, kini mampu menembus tembok ruang kelas, batas-batas kampus, bahkan garis teritorial Negara. Loncatan kemajuan teknologi digital ini menjadi tantangan berat bagi guru.

Ibaratnya, buku bisa digantikan dengan teknologi tetapi peran guru tidak bisa digantikan. Bahkan, harus diperkuat. Pada era sekarang, guru harus mampu memanfaatkan teknologi digital untuk mendesain pembelajaran yang kreatif. Guru yang lebih banyak berperan sebagai fasilitator harus mampu memanfaatkan teknologi digital yang ada untuk mendesain pembelajaran kreatif yang memampukan siswa aktif dan berpikir kritis. Guru juga dituntut menjadi inspirasi para siswa dalam menerapkan algoritma berpikir dalam pengembangan diri manusia.

Ini berarti, di satu pihak, sosok guru dituntut untuk mampu beradaptasi dengan masyarakat teknologi. Sementara di lain pihak, ia menjadi kunci untuk menyiapkan anak-anak bangsa dalam menghadapi masa depan yang semakin kompetitif.

blank

Lantas, betapa krusial peran guru–masihkah guru menjadi katalisator bagi rasa ingin tahu murid di era digital? Peran krusial apa bagi guru di era digital saat ini? Sudahkah hal ini diantisipasi oleh pemerintah? Apa pula hambatan lain yang membuat sistem pendidikan kita masih belum adaptatif dengan berbagai perubahan?

Guna menjawab pertanyaan-pertanyaan itu, Radio Idola Semarang berdiskusi dengan beberapa narasumber, yakni: Dr. Itje Chodijah, MA (Dosen Pendidikan Universitas Muhammadiyah Prof Hamka) dan Indra Charismiadji ( Pemerhati dan praktisi pendidikan 4.0). (Heri CS)

Berikut diskusinya:

Artikel sebelumnyaKNCV Sebut Penanganan TB Bisa Efektif Dengan Libatkan Keluarga Penderita dan Masyarakat
Artikel selanjutnyaMelindungi Warga agar Tidak Menjadi Korban Teknologi Finansial, Regulasi Seperti Apa yang Mendesak Disusun Pemerintah?

BERIKAN KOMENTAR

Tulis komentar anda!
Tulis nama anda disini