Pekan Depan Hasil Tes Kesehatan Diserahkan ke KPU

Semarang, Idola 92.6 FM-Komisioner Komisi Pemilihan Umum (KPU) Jawa Tengah Hakim Djunaedi mengatakan ada dua rumah sakit yang ditunjuk, untuk melayani pemeriksaan para calon Pilkada 2018.

RSUP dr Kariadi Semarang melayani pemeriksaan kesehatan, bagi calon gubernur (cagub) dan calon wakil gubernur (cawagub) serta para calon kepada daerah dari Kabupaten Kudus, Tegal dan Kota Tegal.

Sedangkan RSUD dr Moewardi Solo, disediakan untuk pemeriksaan calon kepala daerah Kabupaten Magelang, Temanggung dan Banyumas. Untuk Kabupaten Karanganyar, proses pemeriksaan ditunda karena baru ada satu pasangan calon.

Nantinya, lanjut Hakim, seluruh hasil pemeriksaan dari tim dokter RSUP dr Kariadi Semarang dan RSUD dr Moewardi Solo akan diserahkan ke KPU Jateng dan bersifat rahasia. Rencananya, hasil kesehatan secara umum dengan klasifikasi memenuhi atau tidak memenuhi akan diumumkan pada 26 Januari 2018 mendatang.

“Hasil pemeriksaan kesehatan pada saat KPU menetapkan pasangan calon. Jadi, nanti temen-temen media karena sifatnya pribadi tentu nanti hasil yang keluar yang disampaikan ke KPU adalah bahwa pasangan calon ini memenuhi atau tidak memenuhi. Bukan rekam medisnya tapi konklusi dari kesimpulan sejumlah pemerintah,” kata Hakim, Sabtu (13/1).

Lebih lanjut mantan ketua KPU Kota Semarang itu menjelaskan, pengumuman hasil kesehatan akan dibarengkan dengan penetapan pasangan calon dan dilanjutkan pengundian serta pengumuman nomor urut pasangan calon. (Bud)

Artikel sebelumnyaSudirman: Tak Ada Mahar Politik di Pencalonannya
Artikel selanjutnyaGanjar Sebut Wajar Iuran Untuk Saksi, Tapi Itu Bukan Uang Mahar