Pemprov Jateng Ajak Kabupaten/kota Bisa Manfaatkan Dana Baznas Untuk Kepentingan Pembangunan Masyarakat

Semarang, Idola 92.6 FM – Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo mengatakan pembangunan sarana prasarana daerah dan fasilitas penunjang bagi masyarakat, tidak hanya mengandalkan anggaran dari APBD. Sebab, tidak jarang dana di APBD jumlahnya terbatas dan terkendala dengan persetujuan dari DPRD setempat.

Menurutnya, daerah di Jateng yang sudah memanfaatkan dana selain APBD adalah Pemkab Karanganyar. Yakni dengan memanfaatkan dana Baznas yang terkumpul.

Ganjar menjelaskan, dana yang terkumpul dari Baznas juga bisa dimanfaatkan untuk kepentingan masyarakat. Pembangunan daerah tidak harus mengambil dari APBD saja, namun juga bisa memanfaatkan sumber lainnya.

“Karanganyar ini pertumbuhannya bagus, masyarakatnya bagus dan yang luar biasa Baznasnya itu juara satu di Jawa Tengah. Kenapa saya katakan bagus, ketika banyak problem masyarakat muncul, APBD tidak bisa menyelesaikan seketika dan CSR bisa tapi harus minta dulu maka Baznas bisa dengan cepat. Kekuatan ini adalah kekuatan yang luar biasa, yang sekarang dari oleh dan untuk masyarakat ini bisa membantu menyelesaikan banyak persoalan,” kata Ganjar ketika melantik Bupati dan Wakil Bupati Karanganyar terpilih periode 2018-2023, belum lama ini.

Lebih lanjut Ganjar menjelaskan, keberhasilan Karanganyar di dalam memanfaatkan dana Baznas untuk pembangunan bisa diikuti dan ditiru daerah lainnya. Sehingga, pembangunan daerah tidak selalu mengandalkan APBD. (Bud)

Artikel sebelumnyaPelabuhan Tanjung Emas Siapkan 10 Armada Kapal Laut Layani Libur Nataru
Artikel selanjutnyaMenyongsong Transformasi Peradaban Digital Mulai 2020, Apa yang Mesti Disiapkan Dunia Pendidikan Kita?

BERIKAN KOMENTAR

Tulis komentar anda!
Tulis nama anda disini