Pemprov Jateng Kembali Gulirkan Dana KJS 2018

Semarang, Idola 92.6 FM – Tahun ini, sebanyak 12.764 penerima Kartu Jateng Sejahtera (KJS) akan mendapat bantuan yang diserahkan di Kabupaten Pemalang, Sabtu (18/8).

Kepala Dinas Sosial Jawa Tengah Nur Hadi Amiyanto mengatakan setiap keluarga penerima bantuan, akan mendapatkan tali asih sebesar Rp3 juta per tahun.

Menurutnya, KJS merupakan upaya intervensi dari pemprov untuk membantu dan memberdayakan masyarakat miskin yang tidak terdata atau tercecer dalam pendataan program keluarga harapan (PKH) Kementerian Sosial.

“Ada 12.764 penerima itu diperuntukan bagi penyandang masalah kesejahteraan sosial yang tercecer. Warga yang miskin itu didata berdasarkan hasil pendataan dari BPS dan diserahkan ke Kemensos serta kembali ke kita. Dari KJS itu, pemprov intervensi berupa pemberian bantuan kepada mereka sebesar Rp3 juta per tahun atau Rp250 ribu per bulan bagi warga miskin yang tercecer itu,” kata Nur Hadi, kemarin.

Lebih lanjut Nur Hadi menjelaskan, dana KJS pada awal pelaksanaannya di 2016 kemarin menggunakan dana partisipasi pihak perbankan. Yakni himpunan perbankan negara (Himbara) dan Bank Jateng. Saat itu, terkumpul dana sebesar Rp9 miliar. Pada pelaksanaan atau penyaluran berikutnya, menggunakan anggaran khusus untuk program KJS melalui APBD Jateng. (Bud)