PLN Memastikan Listrik Selama Ramadan Aman

Semarang, Idola 92.6 FM – Deputi Manajer Komunikasi dan Bina Lingkungan Hardian Sakti Laksana mengatakan selama bulan Ramadan, PT PLN Distribusi Jawa Tengah-DIY menjamin pasokan dan suplai listrik ke pelanggan tidak terganggu. Sehingga, masyarakat muslim yang menjalankan ibadah di bulan puasa tidak mengalami gangguan.

Dalam menjaga pasokan dan suplai listrik tetap aman, pihaknya akan memberikan pelayanan yang terbaik. Sehingga, masyarakat muslim di Jateng-DIY bisa beribadah dengan nyaman.

Menurutnya, saat ini suplai listrik di kedua provinsi kondisinya masih aman dengan pasokan sebesar 4.617 Mega Watt (MW). Perkiraannya, pada masa Ramadan beban listriknya sebesar 3.679 MW dengan cadangan sebesar 938 MW.

Untuk menjamin tidak ada kendala listrik selama Ramadan, jelas Sakti, pihaknya akan terus melakukan monitoring sistem kelistrikan secara realtime. Termasuk, memaksimalkan tim penanganan gangguan listrik yang dimiliki.

“Sudah ada tim dari PLN yang akan menjaga pasokan listrik tetap aman selama Ramadan. Biasanya, pola perilaku masyarakat selama Ramadan bergeser ke sore hari. Di situ, aktivitas masyarakat melakukan ibadah dan aktivitas lain di rumah meningkat. Sehingga, penggunaan listrik diperkirakan meningkat di jam-jam tersebut,” kata Sakti.

Lebih lanjut Sakti menjelaskan, pada masa Ramadan beban puncak listrik biasanya terjadi pada jam 17.00 sampai 03.00 hingga 06.00. Sebab, di waktu itu masyarakat mengawali dengan buka puasa, ibadah salat tarawih dan ibadah malam hingga makan sahur. (Bud)

Artikel sebelumnyaStok Pangan di 34 Provinsi Dipastikan Aman
Artikel selanjutnyaBagaimana Membentengi Keluarga sebagai Fondasi Bangsa dari Ancaman Radikalisme?