Reaktivasi Jalur Rel Kereta Api Dipandang Paling Solutif Dari Semarang ke Yogya

Semarang, Idola 92.6 FM – Reaktivasi jalur rel kereta api menjadi solusi sebagai transportasi masal yang lebih efisien, bila dibandingkan pembangunan jalan tol Bawen-Yogya. Hal itu ditegaskan Ketua Fraksi PPP DPRD Jawa Tengah Abdul Aziz.

Menurut mantan ketua Pansus Ranperda Revisi RTRW Jateng itu, ada alternatif lain yang bisa mendorong pergerakan perekonomian di wilayah Jawa Tengah. Yaitu dengan reaktivasi rel kereta api. Sehingga, dewan tetap fokus pada penataan dan pengembangan transportasi masal atau mass based transportation.

Transportasi masal berupa kereta api, jelas Abdul Aziz, memang harus digalakkan. Selain menghemat konsumsi bahan bakar secara komulatif, juga menghemat anggaran pemerintah.

“Kita ini sudah seharusnya serius dengan transportasi yng berbasis masal. Jalan tol itu sifatnya adalah transportasi yang berbaasis privat, karena kendaraan pribadi yang akan melewatinya. Tapi kalau komitmenya itu awalnya adalah mass based transportation, maka yang rel kereta api saja. Kan rel kereta apinya sudah ada sebelumnya,” kata Abdul Aziz, Jumat (19/10).

Abdul Aziz lebih lanjut menjelaskan, dengan membangun transportasi masal itu juga akan mengurangi beban jalan. Selain itu juga, mampu mengurangi kepadatan kendaraan di jalan. (Bud)

Artikel sebelumnyaKeterbukaan Informasi Publik Didorong Bisa Sampai Desa
Artikel selanjutnyaMengikat Emosi Konsumen adalah Kunci

BERIKAN KOMENTAR

Tulis komentar anda!
Tulis nama anda disini