Anggota Dewan Bertambah, Pemprov Jateng Bangun Gedung Baru

Maket gedung baru DPRD Jateng.

Semarang, Idola 92.6 FM – Asisten Administrasi Setda Jawa Tengah Budi Wibowo mengatakan Pemilu 2019 nanti, jumlah anggota DPRD provinsi ini akan bertambah menjadi 120 orang dari sebelumnya 100 orang.

- Advertisement -

Bertambahnya jumlah anggota DPRD Jateng hasil Pemilu 2019 nanti, jelas Budi, diantisipasi pemprov dengan menambah gedung dewan baru. Yakni dengan luas lahan 450 meter persegi.

Rencana penambahan gedung untuk anggota dewan itu, lanjut Budi, sudah disampaikan kepada Gubernur Ganjar Pranowo dan mendapat persetujuan.

Rencananya, jelas Budi, gedung baru nantinya akan memiliki delapan lantai. Saat ini sudah disusun DED-nya, dan mulai dibangun pada 2020 mendatang.

“Lahan tapak bangunan 400 meter persegi akan kita kembangkan naik. Kita upayakan untuk parkirnya, fasilitas umumnya dan ruang pertemuan komisinya. Berdasar hitungan dari konsultan itu sekitar delapan lantai, dengan catatan lantai satu dan dua untuk parkir, dan lantai 3-8 untuk ruang kerja anggota dewan,” kata Budi, Senin (21/1).

Sementara, Sekretaris DPRD Jateng Indra Surya menambahkan gedung baru untuk dewan itu, selain untuk pembangunan ruang kerja juga akan dilengkapi taman dan parkir.

Menurutnya, soal ketinggian bangunan gedung baru DPRD itu sudah dibicarakan dengan Pemkot Semarang.

“Prosedur dan mekanisme di tahun 2019 persyaratan administrasi sudah kita anggarkan, tinggal ditindaklanjuti. Kebutuhan administrasinya meliputi perizinan, termasuk IMB-nya, Amdalnya dan ketinggiannya sudah kita koordinasikan dengan Pemerintah Kota Semarang,” ujar Indra. (Bud)