Pengembang Rumah Incar Batang Jadi Kawasan Permukiman Setelah Tol Trans Jawa Tersambung

Tol Trans Jawa yang sudah tersambung di wilayah pantura Jawa Tengah, akan membuka lahan perumahan baru. Terutama yang dekat dengan exit tol.

Semarang, Idola 92.6 FM – Wakil Ketua Real Estat Indonesia Bidang Promosi, Humas dan Publikasi Jawa Tengah Dibya Hidayat mengatakan tersambungnya tol Trans Jawa sekarang ini, mendapat sambutan positif dari semua kalangan atau pelaku usaha. Termasuk, pengembang rumah yang akan menggarap daerah di sekitar exit tol dijadikan perumahan baru.

- Advertisement -

Menurutnya, tol Trans Jawa yang dari Semarang hingga Tegal akan menumbuhkan perumahan-perumahan baru yang letaknya berdekatan dengan exit tol. Terutama, yang bermain di kelas rumah subsidi.

Dibya menjelaskan, daerah yang akan dibidik untuk dikembangkan kawasan permukiman adalah Kabupaten Batang. Sebab, daerah itu berada di tengah antara Kota Semarang dengan Kabupaten Tegal.

“Kemungkinan Batang, ya karena daerahnya di tengah. Kalau industri tumbuh, pasti rumah murah yang duluan karena itu kayak dua sisi koin mata uang. Di mana industri naik, maka perumahan juga naik. Justru itulah dibangun tol Trans Jawa. Jadi, kota-kota yang belum berkembang atau perkembangannya terhambat karena tidak punya infrastruktur tinggal dompleng ke tolnya beres,” kata Dibya, Senin (21/1).

Lebih lanjut Dibya menjelaskan, untuk wilayah Batang diperkirakan akan menjadi daerah berkembang. Terlebih lagi, adanya proyek industri PLTU di Batang. Sehingga, rumah-rumah subsidi akan semakin banyak dibangun menyusul dibukanya tol Trans Jawa.

“Selain Kendal, sudah pasti daerah yang berkembang berikutnya adalah Batang. Batang ini juga punya wilayah industri, dan bakal ada permintaan akan kebutuhan rumah di sana,” pungkasnya. (Bud)