Antisipasi Kenaikan Traffic Komunikasi, Provider Perbanyak Mobile BTS

Seorang petugas memeriksa jaringan BTS di daerah jalur mudik.

Semarang, Idola 92.6 FM – Memasuki libur Lebaran ini, akan banyak masyarakat melakukan perjalanan mudik ke kampung halaman. Bahkan, tidak jarang di sepanjang perjalanan pulang selalu menjalin komunikasi dengan kerabat atau saudara di rumah. Sehingga, mendekati Lebaran diprediksi terjadi kenaikan penggunaan data internet maupun telepon.

Head of Sales Jateng 1 Heriantoni mengatakan pada jalur mudik di wilayah Jawa Tengah, diperkirakan akan terjadi peningkatan traffic penggunaan data internet maupun telepon. Sehingga, pihaknya berupaya mengamankan koneksi di jalur transportasi utama.

Menurutnya, untuk di wilayah Jateng kapasitas jaringannya telah ditingkatkan menjadi dua kali lipat dari biasanya. Dengan perkiraan kenaikan traffic hingga 60 persen.

“Kita sudah menyiapkan beberapa M-BTS yang akan ditaruh di beberapa rest area. Total kalau di Jawa Tengah ada 15 M-BTS. Kita juga antisipasi untuk daerah-daerah tujuan pemudik yang kenaikannya cukup tinggi, misal di Brebes. Perkiraan kita, traffic akan naik sekitar 60 persen,” kata Heriantoni, belum lama ini.

Wilayah yang diprediksi akan terjadi kenaikan traffic, jelas Heriantoni, terjadi di sekitar Kabupaten Brebes, Cilacap dan Pemalang.

Terpisah, Region Brand Activation Manager Smartfren Semarang Hardi Agus Triputro menyebutkan, untuk mengantisipasi lonjakan traffic di musim Lebaran ini, pihaknya juga melakukan optimalisasi di sejumlah daerah. Terutama, di daerah yang dianalisasi akan mengalami peningkatan penggunaan data internet.

“Kalau di perbatasan ada masalah, kita akan bantu. Mungkin di sekitar pertengahan antara Jawa Barat dengan Jawa Tengah, di sekitar Bumiayu dan Tegal. Bisa juga di sekitar Semarang dan juga Yogyakarta,” ujar Hardi.

Hardi menjelaskan, berdasarkan data pada Lebaran sebelumnya di sepanjang jalur mudik di Pulau Jawa selalu terjadi peningkata penggunaan data mulai H-3 Lebaran. (Bud)

Artikel sebelumnyaLelah di Perjalanan, TMJ Sarankan Pemudik Singgah di 6 Rest Area Yang Telah Disiapkan
Artikel selanjutnyaMau Melakukan Perjalanan Jauh Untuk Mudik, Simak Tips Dari Dinkes Jateng

BERIKAN KOMENTAR

Tulis komentar anda!
Tulis nama anda disini