Mau Melakukan Perjalanan Jauh Untuk Mudik, Simak Tips Dari Dinkes Jateng

Kadinkes Jateng Yulianto Prabowo (tengah) saat melakukan syuting program Germas di Anjungan Karanganyar Grand Maerokoco, belum lama ini.

Semarang, Idola 92.6 FM – Melakukan perjalanan mudik ke kampung halaman, bisa menjadi pengalaman yang menyenangkan tapi juga menyusahkan. Terlebih lagi, jika pada saat di tengah perjalanan harus mengalami sakit atau tidak enak badan.

Para pemudik yang akan melakukan perjalanan jauh ke kampung halaman, ada baiknya jika sejak awal memersiapkan segala keperluan yang dibutuhkan.

Kepala Dinas Kesehatan Jawa Tengah Yulianto Prabowo meminta kepada pemudik, sebelum melakukan perjalanan jauh ke kampung halaman untuk memeriksakan kondisi tubuh atau kesehatan. Sehingga, ketika memulai perjalanan badan dalam kondisi yang fit dan kuat.

Menurutnya, hal penting yang tidak boleh dilupakan para pemudik adalah selalu membawa air minum untuk dikonsumsi selama perjalanan.

Yulianto menjelaskan, mengonsumsi air putih selama perjalanan akan membuat konsentrasi mengemudi tetap terjaga. Di samping itu, setiap empat jam sekali disarankan beristirahat di rest area di sepanjang jalan tol atau tempat istirahat lainnya di jalur pantura atau jalur selatan.

“Sekarang ini jalan tolnya telah tersambung, kecepatan di jalan tol itu lebih tinggi dibanding yang non-tol. Untuk itu, diperlukan kondisi tubuh yang fit, apalagi jalan tol itu monoton. Jadi, perlu ada respon yang cepat apabila terjadi apa-apa. Kita imbau setiap empat jam perjalanan, pemudik itu harus istirahat,” kata Yulianto, Rabu (29/5).

Lebih lanjut Yulianto menjelaskan, selama beristirahat di rest area, para pemudik juga disarankan melakukan olahraga ringan. Tujuannya, agar ketika melakukan perjalanan kembali kondisi badan sudah segar. (Bud)

Artikel sebelumnyaAntisipasi Kenaikan Traffic Komunikasi, Provider Perbanyak Mobile BTS
Artikel selanjutnyaBPJS Kesehatan Kejar Capaian UHC di Wilayah Jawa Tengah
Wartawan senior Radio Idola Semarang.