Bencana Kepung Sebagian Wilayah di Indonesia, Apa yang Terjadi dan Bagaimana Memitigasi Dampak Buruk Bencana?

Semarang, Idola 92.6 FM – Dalam beberapa hari terakhir, bencana banjir disertai longsor melanda sebagian wilayah di sebagian Pulau Jawa dan luar Jawa. Di Jawa banjir melanda di Jakarta, Bandung (Jawa Barat), Klaten, Sukoharjo, Wonogiri (Jawa Tengah), Ngawi, Madiun (Jawa Timur). Tak hanya di Jawa, banjir disertai longsor yang terjadi di Manggarai Barat NTT, mengakibatkan sedikitnya 8 warga meninggal dunia. Para korban tertimbun material longsoran. Beberapa ruas jalan dan satu jembatan penghubung Manggarai Barat dengan Ruteng juga terputus akibat bencana tersebut.

Lantas, bagaimana prediksi BMKG ke depan? Kondisi ini sampai kapan? Sedemikian besar dampak cuaca ekstrem mengakibatkan sejumlah sungai meluap dan mengakibatkan banjir. Hal itu dipicu oleh apa? Sebagai edukasi ke publik, bagaimana memitigasi dampak buruknya? Guna menjawab pertanyaan-pertanyaan itu, Radio Idola Semarang mewawancara Deputi Bidang Meteorologi BMKG R. Mulyono R. Prabowo. (Heri CS)

Berikut wawancaranya:

Artikel sebelumnyaGanjar: Warga Jateng Tetap Jaga Iklim Kondusif Selama Pemilu 2019
Artikel selanjutnyaBagaimana Mendorong Siapapun Presiden yang Terpilih dalam Pilpres 2019, Isu Utama Problem Bangsa Bisa Menjadi Agenda Besar Mereka?

BERIKAN KOMENTAR

Tulis komentar anda!
Tulis nama anda disini