BPJS Kesehatan Tingkatkan Layanan Rekam Sidik Jari

Semarang, Idola 92.6 FM – BPJS Kesehatan Kanwil Regional Jawa Tengah-DIY terus melayani rekam sidik jari atau finger print sebagai validasi kepesertaan, untuk meningkatkan kualitas pelayanan kepada masyarakat. Terutama, peserta JKN-KIS,

Deputi Direksi BPJS Kesehatan Kanwil Regional Jateng-DIY Aris Jatmiko mengatakan layanan terbaru dari BPJS Kesehatan itu, berguna untuk memermudah proses pendaftaran pelayanan di rumah sakit. Sehingga, peserta JKN-KIS tidak perlu khawatir kartu BPJS Kesehatannya ketinggalan karena dengan finger print sudah bisa melakukan pendaftaran di rumah sakit untuk mendapat pelayanan kesehatan.

Menurutnya, layanan finger print merupakan inovasi single identity number yang telah dibangun Kementerian Dalam Negeri.

Aris menjelaskan, pelayanan kesehatan di rumah sakit yang bisa menggunakan finger print dari peserta JKN-KIS masih dibatasi bagi rumah yang memiliki tiga poliklinik. Yakni poliklinik rehabilitasi medis, poliklinik mata dan poliklinik jantung.

“Kita untuk program finger print itu kan sebagai pemanfaatan teknologi. Kita uji coba di rumah sakit yang ada poliklinik rehabilitasi medis, poliklinik mata dan poliklinik jantung. Seluruh rumah sakit yang kerja sama dengan kami yang ada tiga poliklinik tersebut, kita sudah uji cobakan semua. Secara keseluruhan kita uji cobakan. Ini baru proses perekaman, dan nanti kalau perekaman selesai tinggal pakai finger print saja. Jadi, kalau lupa bawa kartu BPJS Kesehatan tinggal pakai finger print,” kata Aris, belum lama ini.

Lebih lanjut Aris menjelaskan, finger print juga dimaksudkan untuk meminimalkan kasus kepesertaan ganda dan mengarah pada penyalahgunaan data JKN-KIS. (Bud)

Artikel sebelumnyaJepara dan Boyolali Diincar Pengembang Tawarkan Produk Perumahan
Artikel selanjutnyaPembentukan KPI yang Ditujukan untuk Melindungi Masyarakat dari Dampak Paparan Negatif Siaran, Masihkah Berfungsi?

BERIKAN KOMENTAR

Tulis komentar anda!
Tulis nama anda disini