Gaet Wisatawan Asing, Dinporapar Jateng Siapkan Agenda Wisata Istimewa

Kadinporapar Jateng Sinoeng Rachmadi menerima piala dari salah satu atlet berprestasi dari pelajar.

Semarang, Idola 92.6 FM – Kepala Dinas Pemuda, Olahraga dan Pariwisata Jawa Tengah Sinoeng N Rachmadi mengatakan dalam rangka menyambut peringatan hari ulang tahun Indonesia, pihaknya telah menyiapkan sejumlah agenda wisata penting untuk dikunjungi. Sepanjang 2019 ini, disiapkan 70an agenda wisata yang terbagi dalam tiga kategori. Ketiga kategori itu, merupakan adopsi konsep Festival Pusaka Indonesia yang ditetapkan Kementerian Pariwisata.

Menurutnya, dari 70an agenda wisata yang telah disusun itu ada angka unik diselipkan. Yakni 17-8-45, sebagai simbol hari lahir bangsa Indonesia.

Sinoeng menjelaskan, 17 agenda wisata itu berkaitan dengan ritus sosial kebangsaan dan delapan festival berhubungan dengan waktu peralihan, serta 45 festival melambangkan keragaman budaya Jateng.

“Ada 70an festival pusaka Jawa Tengah yang terbagi dalam tiga kategori event, disesuaikan dengan hari kemerdekaan Indonesia. Meliputi 17 festival atau upacara yang menampilkan simbol dan karakter bangsa sebagai budaya lokal. Ada delapan festival yang berhubungan dengan waktu peralihan, dan 45 festival yang mewakili peradaban budaya Jawa Tengah. Jadi, kita sesuaikan dengan 17-8-45,” kata Sinoeng belum lama ini.

Lebih lanjut Sinoeng menjelaskan, puluhan agenda wisata yang disiapkan itu memang memiliki tujuan khusus. Yakni, mencapai target kunjungan wisatawan mancanegara hingga 1,2 juta orang sampai akhir tahun ini.

“Secara statistik, tren kunjungan wisatawan ke Jawa Tengah menunjukkan peningkatan positif. Dalam kurun waktu lima tahun terakhir ini, wisatawan mancanegara tumbuh rata-rata sebesar 10,05 persen dan 10,76 persen untuk wisatawan Nusantara,” pungkasnya. (Bud)

Artikel sebelumnyaBagaimana Menangkal Ancaman Gerakan Islam Transnasional yang Telah Mendominasi Kampus Negeri?
Artikel selanjutnyaKementerian PUPR Keluarkan Izin Prinsip, Pemprov Jateng Matangkan Masterplan Rest Area Tlogo Wening

BERIKAN KOMENTAR

Tulis komentar anda!
Tulis nama anda disini