Hadapi Arus Balik Lebaran, Pertamina Tambah Stok BBM 700 KL

Semarang, Idola 92.6 FM – Arus balik Lebaran sudah dimulai sejak Jumat (7/6) kemarin, dan sebagian pemudik sudah memilih kembali ke tempat asalnya lebih awal.

General Manager Pertamina MOR IV Iin Febrian mengatakan selama arus balik Lebaran yang diprediksi puncaknya terjadi pada Sabtu-Minggu (8-9/6), dan pihaknya telah menyiapkan stok bahan bakar minyak (BBM) tambahan hingga 247 persen atau sekira 700 Kilo Liter (KL) dari rerata normal non satgas. Yakni sebesar 283 KL, untuk seluruh SPBU di tol Trans Jawa, baik yang regular maupun Kios Pertamina Siaga.

Menurutnya, sesuai dengan realisasi pada masa arus mudik Lebaran kemarin terjadi peningkatan BBM yang cukup tajam untuk konsumsi BBM jenis Gasoline di seluruh SPBU di tol Trans Jawa di wilayah Jawa Tengah.

Iin menjelaskan, pada puncak arus mudik di H-3 Lebaran kemarin terjadi peningkatan konsumsi BBM jenis Gasoline hingga 208 persen di Rest Area KM 379A Batang. Sehingga, di arus balik ini pihaknya harus melakukan penambahan stok BBM terutama di jalur B menuju Jakarta.

“Kami perkirakan, pemudik akan beristirahat dan mengisi BBM di SPBU regular Pertamina di KM 519B, KM 389B, KM 360B dan KM 260B. Selain itu, Kios Pertamina Siaga di KM 487B, KM 456B, KM 429B, KM 344B, KM 294B dan KM 282B juga akan melayani pengisian BBM. Saran kami, Kios Pertamina Siaga hanya untuk pengisian BBM dalam keadaan darurat saja,”kata Iin, Sabtu (8/6).

Lebih lanjut Iin menjelaskan, pada masa libur Lebaran tahun ini pihaknya telah membuka 10 SPBU reguler di jalan tol Trans Jawa dan diresmikan Menteri BUMN Rini Soemarno belum lama ini.

Unit Manager Communication & CSR Pertamina MOR IV Andar Titi Lestari, mengatakan untuk di wilayah MOR IV terdapat enam SPBU baru dan satu SPBU existing yang siap melayani para pemudik selama periode Satgas Lebaran tahun ini.

Ketujuh SPBU tersebut, jelas Andar, yang berada di jalur A ada di KM 379, KM 429 dan KM 519. Sedangkan di jalur B terdapat di KM 260, KM 360, KM 389 dan KM 519.

“Kami imbau bagi para pemudik yang akan melakukan perjalanan balik, bisa mengisi penuh BBM-nya sebelum masuk jalan tol. Apabila mengalami kekurangan BBM di tol Trans Jawa, maka bisa mengisi di SPBU regular Pertamina atau ke Kios Pertamina Siaga bila yang reguler antre panjang,” ucap Andar. (Bud)

Artikel sebelumnyaDua Hari Lebaran, Arus Lalin di GT Kalikangkung Naik 226 Persen
Artikel selanjutnyaMalam Ini Puncak Arus Balik Lebaran

BERIKAN KOMENTAR

Tulis komentar anda!
Tulis nama anda disini