3.145 Pemudik Asal Jateng Kembali ke Jakarta

Sekda Sumarno
Sekda Sumarno saat menyapa pemudik yang akan kembali ke tempat rantau di Jakarta.

Semarang, Idola 92,6 FM-Sebanyak 3.145 masyarakat Jawa Tengah yang pulang kampung, difasilitasi Pemprov Jateng kembali ke Jakarta dan sekitarnya serta Bandung untuk merantau.

Pemprov memfasilitasi bus gratis sebanyak 62 armada.

Sekda Sumarno mengatakan sebelum kembali ke Jabodetabek dan Bandung, ribuan pemudik asal Jateng itu berkumpul di Asrama Haji Donohudan Boyolali. Pernyataan itu dikatakan di sela melepas rombongan pemudik kembali ke tempat rantau, pekan kemarin.

Sumarno menjelaskan, ribuan pemudik yang kembali ke tempat rantau itu disebar di tiga titik selain di Asrama Haji Donohudan juga di Terminal Mangkang Semarang dan Terminal Bulupitu Banyumas.

Program mudik dan balik rantau gratis, dinilai berkontribusi terhadap penurunan angka kecelakaan selama musim mudik-balik Lebaran.

Menurutnya, program tahunan tersebut juga sebagai upaya mengurangi kemacetan arus lalu lintas di jalan raya.

“Kalau tidak ada program ini, kemungkinan mereka akan mudik dan balik naik sepeda motor. Sedangkan hasil evaluasi, sepeda motor paling banyak berkontribusi pada angka kecelakaan di masa mudik-balik Lebaran. Program ini kerja sama antara Pemprov Jateng, BUMD, Baznas Jateng serta stakeholder terkait,” kata Sumarno

Kepala Biro Kesra Setda Jateng Tegoch Hadi Noegroho menambahkan, pemberangkatan program balik rantau gratis 2024 dari Asrama Haji Donohudan Boyolali menggunakan 32 unit bus dengan penumpang 1.600 orang.

Sedang dari Terminal Mangkang sebanyak 16 unit dengan penumpang 845 orang, dan dari Terminal Bulupitu 14 armada bus dengan penumpang 700 orang.

“Selain menggunakan armada bus, kami juga menyediakan empat gerbong kereta api untuk Balik Rantau Gratis 2024. Sebanyak 320 peserta diberangkatkan menggunakan kereta api dari Stasiun Tawang Semarang,” ucap Tegoch. (Bud)