Jasa Marga Siapkan Rest Area Bebas Sampah Plastik

Sampah Plastik (Ilustrasi)

Semarang, Idola 92.6 FM – Sebagai perusahaan penyedia layanan jalan tol, Jasa Marga siap mendukung kebijakan yang ramah lingkungan. Terutama, dalam upaya mengurangi sampah plastik yang ada di rest area.

- Advertisement -

Regional Manager Jawa Tengah Jasamarga Property Dondy Dwi Susanto mengatakan pihaknya menunjuk rest area yang ada di ruas jalan tol Solo-Ngawi di wilayah Sragen, sebagai tempat istirahat percontohan dalam mengolah sampah-sampah plastik. Tujuannya, untuk pengurangan terhadap penggunaan plastik sebagai bungkus makanan.

Dondy menjelaskan, di rest area yang ada di Sragen itu disiapkan bank sampah untuk memilah sampah. Setiap sampah yang dihasilkan penyewa di rest area, dipilah dan dikumpulkan untuk bisa didaur ulang.

Menurutnya, percontohan bank sampah yang ada di rest area Sragen itu akan diterapkan di seluruh rest area di jalan tol Trans Jawa.

“Terkait hal itu, di kami juga sudah ada kebijakan soal pengolahan sampah. Ada kegiatan di Jasa Marga, namanya Green Toll Road. Melingkupi jalan tol dan rest areanya. Kami sudah ada program untuk mengurangi sampah plastik, di antaranya tidak menggunakan bahan plastik sebagai bungkus makanan. Itu sudah berjalan kurang lebih sebulan ini, dan sedang digencarkan program itu,” kata Dondy, Rabu (9/10).

Lebih lanjut Dondy menjelaskan, untuk pembuatan bank sampah itu pihaknya bekerja sama dengan Dinas Kesehatan setempat. Sehingga, dari memilah sampah yang dihasilkan di rest area bisa memberikan nilai tambah bagi semua pihak.

“Pengambilan sampah di rest area itu biasanya dilakukan setiap tiga hari sekali, tergantung besar kecilnya tempat istirahat di jalan tol. Kami berharap, masyarakat pengguna jalan tol dan penyewa di rest area sadar dan paham untuk tidak lagi menggunakan plastik sebagai bungkus makanan,” pungkasnya. (Bud)

BERIKAN KOMENTAR

Tulis komentar anda!
Tulis nama anda disini