Kementerian Sosial Kucurkan Dana Rp63 T Untuk Atasi Kemiskinan

Juliari Pieter Batubara
Juliari Pieter Batubara, Menteri Sosial RI.

Semarang, Idola 92.6 FM – Kementerian Sosial tahun depan menganggarkan anggaran kurang lebih Rp63 triliun untuk menurunkan angka kemiskinan sesuai arahan Presiden Joko Widodo. Menteri Sosial RI Juliari Pieter Batubara menyatakan, anggaran yang disiapkan tahun depan cukup tinggi dibandingkan tahun sebelumnya.

“Hal itu dilakukan sebagai upaya meningkatkan kesejahteraan masyarakat dari berbagai program yang ada dari Kementerian Sosial,” kata Juliari, di sela acara Silaturahmi Ramah Tamah Menteri Sosial dengan Wali Kota dan Jajaran Pejabat di Lingkungan Pemerintah Kota Semarang, Kamis (21/11/2019).

Silaturahmi Ramah Tamah Menteri Sosial
Silaturahmi Ramah Tamah Menteri Sosial dengan Wali Kota dan Jajaran Pejabat di Lingkungan Pemerintah Kota Semarang, Kamis (21/11/2019).

Turut hadir dalam acara ini antara lain Wali Kota Semarang Hendrar Prihadi, Wakil Wali Kota Semarang Hevearita Gunaryanti Rahayu, Istri Wali Kota Semarang yang juga Ketua TP PKK Kota Semarang Kris Septiana Hendrar Prihadi, dan Ketua DPRD Kota Semarang Kadar Lusman.

Diketahui, data kemiskinan di Indonesia terus mengalami tren penurunan. Pada akhir 2018, angka kemiskinan sebesar 9,6 persen dan membaik menjadi 9,4 persen pada Oktober 2019. Pihaknya meminta kepada Seluruh Kepala Daerah untuk bersama sama bersinergi untuk menurunkan angka kemiskinan di masing masing daerah.

Juliari menghimbau kepada seluruh kepala daerah agar fokus dalam hal mengatasi kemiskinan. Ia melihat, angka kemiskinan masih merata di seluruh wilayah di Indonesia. Sebab, banyak dari kepala daerah justru fokus dalam perbaikan infrastruktur. Pihaknya menargetkan untuk 2020 angka kemiskinan bisa turun satu digit, dengan target optimistis di angka 8,5 persen atau maksimal paling konservatif 9 persen. (wid/her)

Artikel sebelumnyaMengapresiasi Gebrakan Kapolri Idham Aziz, Sudahkah Dibarengi Instrumen yang Menunjang?
Artikel selanjutnyaDLHK Jateng Minta Pengusaha di Sekitar Sungai Bengawan Solo Perbaiki IPAL

BERIKAN KOMENTAR

Tulis komentar anda!
Tulis nama anda disini