KPU Pastikan Logistik Pemilu 2019 Sudah Terdistribusi Sebelum H-1

Logistik Pemilu 2019.

Semarang, Idola 92.6 FM – Komisi Pemilihan Umum (KPU) masing-masing kabupaten/kota di Jawa Tengah, siap untuk mendistribusikan seluruh logistik Pemilu 2019 hingga ke tempat pemungutan suara (TPS) maksimal H-1 sebelum hari pencoblosan. Termasuk di wilayah paling jauh dan terluar di wilayah Jawa Tengah, yaitu Karimunjawa Jepara dan Kampung Laut Cilacap.

Komisioner KPU Jateng Diana Ariyanti mengatakan logistik untuk Pemilu 2019 sudah bisa dipastikan terpenuhi, dan tinggal proses pendistribusian hingga ke tingkat kelurahan/desa di seluruh wilayah di provinsi ini. Hingga sampai ke TPS, maksimal H-1 sebelum hari pencoblosan.

Menurutnya, dari seluruh logistik yang ada memang masih ada kekurangan surat suara dari proses sortir. Karena, ditemukan banyak surat suara rusak dan tidak layak pakai.

Diana Ariyanti, Komisioner KPU Jateng.

Diana menjelaskan, beberapa wilayah wilayah yang logistiknya belum 100 persen selesai sudah diupayakan pengiriman dari Jakarta. Bahkan, pihaknya juga telah mengirim tim ke Jakarta untuk pengawalannya hingga ke kabupaten/kota di Jateng yang belum 100 persen logistiknya.

“Dari 35 kabupaten/kota, kebutuhan logistik persiapan pada 17 April, surat suara sebagian besar sudah masuk kotak dan siap pendistribusian. Memang masih ada yang proses pengiriman tambahan kekurangan dari proses sortir surat suara rusak, dan ini tinggal nunggu. Kira-kira tidak ada lima persen. Setelah semua logistik siap dikirim ke PPS, dan sampai ke TPS maksimal H-1,” kata Diana, Rabu (3/4).

Lebih lanjut Diana menjelaskan, ada enam daerah di Jateng masih belum 100 persen kebutuhan logistiknya. Yakni surat suara untuk anggota legislatif di daerah masing-masing, yaitu Kabupaten Pati, Klaten, Sukoharjo, Grobogan, Sragen dan Wonogiri.

“Prinsip, kami sudah siap untuk pemilu. Hanya memang tinggal kendala sedikit itu, dan dua hari kami pastikan kebutuhan logistik sudah terpenuhi,” pungkasnya. (Bud)