Nikmati Perjalanan Mudik, Dinhub Jateng Imbau Pemudik Tak Perlu Terburu-buru Sampai Rumah

Semarang, Idola 92.6 FM – Anggota Komisi D DPRD Jawa Tengah Ngainirichardl mengatakan kondisi infrastruktur jalan di provinsi ini sudah cukup bagus, dan dianggap nyaman dilalui pemudik. Terutama, untuk ruas jalan tol Trans Jawa yang melintas di Jateng.

Namun demikian, jelas Richardl, dirinya mengimbau kepada pemudik yang menggunakan mobil pribadi tetap mematuhi batas aman kecepatan di jalan tol. Sedangkan bagi pemudik sepeda motor, diimbau beralih menggunakan angkutan umum gratis yang disediakan pemerintah.

“Berkaitan dengan keselamatan, tadi dari pihak kepolisian sudah menyiapkan sedemikian rupa. Tapi, juga harus ada kesadaran dari masyarakat. Terutama di tol, ada peringatan tidak boleh melebihi kecepatan 100 kilometer per jam ya jangan segitu. Maka, saya kira ini menjadi perhatian bersama. Saya mengimbau bagi pemudik sepeda motor, bisa gunakan fasilitas yang sudah disediakan pemerintah berupa bus dan kereta api,” kata Richardl di sela diskusi dengan tema “Mudik Lancar, Aman dan Nyaman” di Hotel Noormans Semarang, Rabu (15/5).

Kepala Dinas Perhubungan Jateng Satriyo Hidayat menambahkan, pada tahun ini diperkirakan ada 5,6 juta pemudik masuk ke provinsi ini. Kebanyakan pemudik, akan menggunakan kendaraan pribadi untuk melakukan perjalanan ke kampung halaman.

Oleh karena itu, jelas Satriyo, dirinya meminta pemudik bisa melakukan manajemen waktu selama perjalanan mudik ke kampung halaman. Bila sudah capek, bisa menggunakan tempat istirahat yang sudah disiapkan.

“Untuk teman-teman pemudik yang menggunakan motor atau mobil pribadi, nikmatilah perjalanan itu. Bila capek, istirahat. Ini eksotisme Lebaran. Jadi, saya berharap pemudik menikmati pulang berlebaran. Kalau macet pasti, maka tunggu sambil istirahat,” ujar Satriyo. (Bud)

Artikel sebelumnyaDinkes Kebumen Ajak Masyarakat Wujudkan Desa Siaga Mandiri
Artikel selanjutnyaMasyarakat Mulai Buru Barang Elektronik Jelang Lebaran