Sejam Ditpolair Polda Jateng Mampu Kumpulkan Sampah di Pantai Cipta Sebanyak Satu Truk

Peringati Hari Peduli Sampah Nasional

Semarang, Idola 92.6 FM – Dalam rangka memeringati Hari Peduli Sampah Nasional 2019, ratusan personel kepolisian dari Direktorat Polisi Air Polda Jawa Tengah bersama 15 elemen masyarakat hingga anak sekolah bergerak menyusuri Pantai Cipta Semarang Utara, Kamis (21/2). Sambil berjalan kaki dan membawa keranjang, mereka memunguti sampah yang berserakan.

Dirpolair Polda Jateng Kombes Pol Risnanto mengatakan kegiatan resik-resik pantai itu, memang sengaja dilakukan untuk membersihkan pantai dari sampah-sampah yang berserakan. Terutama, untuk menciptakan kawasan pantai yang bersih dari tumpukan sampah.

Menurutnya, dipilihnya Pantai Cipta karena memiliki sampah paling banyak di wilayah Kota Semarang. Terlebih lagi, temuan adanya sampah plastik.

Risnanto menjelaskan, dalam waktu kurang dari satu jam menggelar aksi bersih-bersih sampah di kawasan Pantai Cipta terkumpul sampah berbagai jenis hingga satu truk. Kebanyakan, masih didominasi botol bekas minuman dan bungkus plastik makanan ringan.

“Hari Peduli Sampah Nasional 2019 ini, kita fokuskan di sekitar pantai dan laut di Kota Semarang. Sebab, berdasarkan penilaian dan survei serta penelusuran kami kawasan pantai dan laut menjadi terkotor di wilayah Semarang ini. Kita sekarang ini berada di ujung pantai Desa Bandarharjo, Semarang Utara dan bisa dilihat kalau masih banyak ditemukan sampah terutama sampah plastik,” kata Risnanto.

Lebih lanjut Risnanto menjelaskan, tidak hanya menyasar sampah di daratan saja tapi hingga di dalam air. Empat penyelam dari Ditpolair Polda Jateng diturunkan, untuk membersihkan sampah yang berada di dasar pantai.

“Mari bersama-sama kita galakkan kesadaran untuk tidak membuang sampah sembarangan, terutama sampah plastik,” jelasnya.

Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan merilis data, jika persentase sampah plastik pada 2018 mencapai 15 persen dari total sampah 65,79 juta ton. (Bud)

Artikel sebelumnyaMenyoal Isu Perempuan dan Anak yang Belum Mendapat Perhatian Legislasi dan Kontestan Pemilu 2019?
Artikel selanjutnyaTingkatkan Minat Baca, KKN UPGRIS Bagikan Buku dan Gelar Pelatihan Pengarsipan di Bawen

BERIKAN KOMENTAR

Tulis komentar anda!
Tulis nama anda disini