Transmisi Ungaran-Pemalang 500 kV Sempat Terganggu, PLN Langsung Normalisasi Pasokan Listrik

Semarang, Idola 92.6 FM – Akibat terjadinya gangguan pada sisi transmisi Ungaran dan Pemalang 500 kV, sebagian wilayah di Jawa Tengah dan Yogyakarta mengalami pemadaman, Minggu (4/8) siang. Hal itu terjadi karena transfer energi dari timur ke barat mengalami kegagalan, dan diikuti trip seluruh pembangkit di sisi tengah dan barat Jawa.

Executive Vice President Corporate Communication & CSR PLN, I Made Suprateka mengatakan gangguan tersebut mengakibatkan aliran listrik di Jabodetabek, sebagian Jawa Barat dan Jawa Tengah mengalami pemadaman.

Menurutnya, untuk wilayah Jabar yang mengalami pemadaman terjadi di antaranya Bandung, Bekasi, Cirebon, Garut, Tasikmalaya, Depok dan Bogor.

Sedangkan di wilayah Jateng-DIY, jelas Suprateka, juga sebagian wilayah mengalami pemadaman. Namun, saat ini sebagian wilayah Jateng-DIY sudah mulai normal.

“Kami mohon maaf sebesar-besarnya untuk pemadaman yang terjadi. Saat ini, upaya penormalan terus kami lakukan. Bahkan, beberapa gardu induk sudah mulai berhasil dilakukan penyalaan. Sekali lagi, kami mohon maaf dan pengertian seluruh pelanggan yang terdampak akibat gangguan ini,” kata Suprateka dikutip dari rilis.

Lebih lanjut Suprateka menjelaskan, pihaknya mengerahkan upaya semaksimal mungkin untuk memerbaiki sistem listrik bisa kembali normal.

“Kami juga mengamankan kabel ground steel wire yang putus, menghisupkan kembali gas turbin di Surabaya dan melakukan pemantauan kondisi GSW sejenis untuk perbaikan sistem kembali normal,” pungkasnya. (Bud)

Artikel sebelumnyaKapolri Ucapkan Selamat Atas Pemecahan Rekor Dunia Selam
Artikel selanjutnyaMasyarakat di Wilayah Jateng Selatan Wajib Latihan Kebencanaan Setahun Dua Kali

BERIKAN KOMENTAR

Tulis komentar anda!
Tulis nama anda disini