55 Ribu Buruh di Jateng Terdampak COVID-19

Bantuan sembako utk buruh yg di PHK
Gubernur Ganjar Pranowo menyerahkan bantuan sembako kepada buruh yang mengalami PHK, Jumat (1/5).

Semarang, Idola 92,6 FM – Sampai dengan hari ini, sudah ada sekira 55 ribu buruh yang terdampak COVID-19 di Jawa Tengah. Beberapa di antaranya mencoba banting stir berjualan, agar bisa menghidupi keluarganya.

Salah satu buruh yang harus di-PHK perusahaannya, Muhron mengaku memilih berjualan es campur untuk bisa menghidupi keluarganya. Warga Karangroto Genuk ini, tidak putus asa dan berjuang di tengah pandemi untuk tetap survive.

Menurutnya, dengan sisa uang simpanan dan tabungan yang dimiliki ia mencoba berjualan es campur dan es jus. Atas kebaikan temannya yang meminjamkan gerobak, ia memulai usaha bermodal Rp300 ribu.

“Karena di tengah pandemi ini, saya mau gak mau harus banting tulang. Jangan sampai setelah di-PHK, saya tidak punya pemasukan. Alhamdulillah, saya punya teman dan saya dipinjami gerobak. Saya gunakan untuk berjualan, walaupun laku sehari 10-20 bungkus es campur,” kata Muhron, Jumat (1/5).

Lain Muhron, lain pula cerita dari Mujiono yang juga harus diberhentikan perusahaan karena COVID-19 menggoyang tempatnya bekerja.

Mujiono mengaku sudah dua pekan berada di rumah dan tidak bekerja, hanya mengandalkan tabungan saat bekerja dulu untuk menghidupi keluarganya.

“Sejak tanggal 28 April kemarin, dulu kerja di pelabuhan. Ini masih mengandalkan simpanan, untuk menghidupi keluarga. Karena kena dampak ini, kita susah untuk menghidupi keluarga. Ada bantuan kita bersyukur,” ujar Mujiono.

Sementara, Pemprov Jateng dalam rangka memeringati Hari Buruh Sedunia membagikan 2.164 paket sembako. Ribuan paket sembako itu dibagikan kepada para buruh yang terdampak COVID-19 di Kota Semarang, Kabupaten Semarang dan Grobogan serta Demak dan Boyolali.

Paket sembako yang dibagikan itu terdiri dari 10 kilogram beras, satu kilogram gula pasir, minyak goreng dua liter, setengah kilogram ikan dan delapan bungkus mi instan. (Bud)

Artikel sebelumnyaTNI/Polri Bagi Paket Sembako ke Buruh di Peringatan May Day
Artikel selanjutnyaPemprov Jateng Minta Pabrik Gula Segera Giling Tebu

BERIKAN KOMENTAR

Tulis komentar anda!
Tulis nama anda disini