Kalangan Buruh Sambut Baik Kenaikan UMP 2021

Demo Buruh Tolak Upah Murah
Sejumlah buruh di Kota Semarang berunjuk rasa menolak upah murah, beberapa waktu lalu.

Semarang, Idola 92,6 FM – Sejumlah serikat buruh di Jawa Tengah menyambut baik kebijakan pemprov, yang menaikkan Upah Minimum Provinsi (UMP) 2021 sebesar 3,27 persen. Kebijakan tersebut dipandang sebagai angin segar di masa pandemi, dan diharapkan mampu meningkatkan daya beli masyarakat.

Salah satu serikat buruh yang menyambut baik kebijakan pemprov, disampaikan Sekretaris Konfederasi Serikat Pekerja Nasional (KSPN) Jateng Heru Budi Utoyo.

Menurutnya, pemprov cukup berani di dalam mengabaikan surat edaran dari menteri tenaga kerja yang meminta upah minimum 2021 mengacu pada tahun sebelumnya atau tidak ada kenaikan.

Heru menjelaskan, meskipun kenaikan hanya 3,27 persen tetapi patut diapresiasi. Sebab, masih ada kenaikan upah di tengah masa pandemi.

“Ya pada prinsipnya, kami memberikan apresiasi kepada gubernur yang berani untuk mengabaikan surat edaran menteri. Meskipun memang yang namanya surat edaran itu bisa dilaksanakan dan tidak, karena surat edaran menteri itu sebenarnya tidak sejalan dengan undang-undang dan juga peraturan pemerintah. Karena ada aturan yang juga diabaikan menteri,” kata Heru, kemarin.

Sekretaris Konfederasi Serikat Pekerja Nasional (KSPN) Jateng, Heru Budi Utoyo:

Terpisah, Presiden Konfederasi Serikat Buruh Seluruh Indonesia (KSBI) Elly Rosita Silaban menyatakan bahwa kebijakan dari Pemprov Jateng bisa dijadikan contoh bagi daerah lainnya. Sehingga, di tengah pandemi ini ada peningkatan daya beli dari masyarakat.

Menurutnya, kebijakan dari Pemprov Jateng tentunya sudah diperhitungkan secara matang meskipun ada pihak yang tidak sepakat.

“Ya saya kira itu cukup baguslah. Jadi saya kira itu patut diapresiasi, dan bisa menjadi contoh juga kepada kepala daerah yang lain kan. Buruh itu sebenarnya upahnya masih bisa dinaikkan. Barangkali beliau masih melihat itu. Beliau berdiskusi dengan semua pemangku kepentingan, dan saya kira dia penuh hitung-hitungan melakukan itu. Tidak serta merta hanya untuk membahagiakan buruh,” ujar Elly.

Presiden Konfederasi Serikat Buruh Seluruh Indonesia (KSBI), Elly Rosita Silaban:

Lebih lanjut Elly berharap, semua pihak baik kalangan buruh maupun pengusaha bisa bersama pemerintah untuk saling menguatkan dan bekerja sama mengatasi pandemi. (Bud)

Artikel sebelumnyaTak Diajak Dialog, Warga Perum Delta Asri Cangkiran Menolak Pembangunan Tapak SUTET
Artikel selanjutnyaProgram Vaksinasi COVID-19 Tahap Pertama Menyasar 70 Juta Orang

BERIKAN KOMENTAR

Tulis komentar anda!
Tulis nama anda disini