Bagaimana Berselancar di Gelombang Resesi yang Sudah Mulai Menghadang?

Semarang, Idola 92.6 FM-Sejumlah negara telah masuk ke jurang resesi ekonomi. Suatu negara disebut mengalami resesi ekonomi apabila mencatat kontraksi pertumbuhan ekonomi selama dua kuartal berturut-turut.

Resesi ekonomi menjadi ancaman nyata bagi semua negara dalam menghadapi pandemi corona atau covid-19. Bahkan, di kawasan Asia Tenggara, Singapura telah lebih dulu masuk dalam jurang resesi. Hal ini ditandai dengan pertumbuhan ekonomi negara tersebut yang menyentuh minus -41,2 persen di kuartal II-2020// Setelah Singapura, Korea Selatan pun menyusul masuk ke jurang resesi karena pertumbuhan ekonomi minus 3,3 persen pada kuartal II 2020. Ini merupakan momen pertama kembalinya Korsel ke jurang resesi setelah 17 tahun terakhir.

Survei yang dilakukan Reuters menyatakan, ekonomi negara-negara di Asia Tenggara diperkirakan merosot 37,4 persen dari kuartal ke kuartal. Sehingga bukan tidak mungkin Indonesia juga akan masuk ke dalam jurang resesi yang sama.

Lalu, bagaimana berselancar di gelombang resesi yg sudah mulai menghadang? Apa saja yang perlu diperhatikan oleh pemerintah? Dan bagi sektor riil, apa saja yg perlu dihindari? Apakah upaya diseminasi sudah dilakukan? Khususnya dalam melindungi pelaku usaha kecil?

Guna menjawab pertanyaan-pertanyaan itu, radio Idola Semarang berdiskusi dengan Direktur Riset Centre of Reform on Economics (CORE) Indonesia Piter Abdullah. (her)

https://anchor.fm/radio-idola/episodes/wawancara-bersama-Direktur-Riset-Centre-of-Reform-on-Economics-CORE-Indonesia-Piter-Abdullah-ehcnm3

BERIKAN KOMENTAR

Tulis komentar anda!
Tulis nama anda disini