Dinas Pendidikan Siap Fasilitasi Pembentukan Sekolah KKO di Jateng

Sejumlah atlet saat mengikuti ASEAN School Games di GOR Tri Lomba Juang Semarang, beberapa waktu lalu

Semarang, Idola 92,6 FM-Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Jawa Tengah akan memfasilitasi sekolah umum di kabupaten/kota, untuk bisa membuka sekolah khusus keolahragaan (KKO). Tujuannya, untuk memberikan kesempatan kepada atlet daerah berprestasi dan tetap bisa menempuh pendidikan.

Sekretaris Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Jateng Padmaningrum mengatakan pihaknya mencoba memberikan fasilitas kepada siswa, yang mempunyai kemampuan atau keahlian di bidang olahraga. Karena, ada maksud atau tujuan utama di dalam membidik para siswa berprestasi di bidang olahraga.

Padmaningrum menjelaskan, para siswa yang berprestasi di bidang olahraga itu nantinya bisa menyalurkan bakat dan keahliannya tanpa terganggu kegiatan belajar mengajarnya.

Menurutnya, pembentukan sekolah keolahragaan itu harus mendapat pendampingan dari Dinas Kepemudaan dan Olahraga (Dispora) dan Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) setempat.

“KKO harapan kita setiap kabupaten/kota, itu ada sekolah umum yang menyelenggarakan sekolah KKO. Khusus keolahragaan. Ini akan memfasilitasi atlet-atlet di daerah bisa meningkatkan potensi keatletannya, tapi ini harus kerja sama Dispora maupun KONI. Karena, memang negara harus hadie bisa memfasilitasi atlet-atlet di tiap daerah. Karena, kalau tidak seperti itu bisa penurunan prestasi atlet,” kata Padmaningrum, Senin (8/6).

Padmaningrum lebih lanjut menjelaskan, di Jateng sebenarnya sudah ada sekolah khusus olahraga yang berada di Kota Surakarta. Secara umum, pembentukan kelas khusus olahraga ini untuk pembinaan atlet sejak dini di bidangnya masing-masing.

“Urusan kurikulum, nanti bisa koordinasi dengan Dispora dan KONI bagaimana menyiapkannya. Kami hanya memfasilitasi,” pungkasnya. (Budi aris)

Artikel sebelumnyaSejumlah Pedagang Dinyatakan Positif Corona , Pasar Karangayu Ditutup Sementara  
Artikel selanjutnyaPemprov Minta Kabupaten/kota Tata Ulang Pasar Tradisional se-Jateng

BERIKAN KOMENTAR

Tulis komentar anda!
Tulis nama anda disini