Jumlah Laka Lantas di Jateng Turun 9 Persen

Kombes Pol Rudy Syafirudin, Dirlantas Polda Jateng
Kombes Pol Rudy Syafirudin, Dirlantas Polda Jateng.

Semarang, Idola 92,6 FM – Sepanjang 2020, angka kecelakaan lalu lintas di Jawa Tengah mengalami penurunan sebesar sembilan persen dari tahun sebelumnya. Yakni, dari 21.694 kasus menjadi 19.843 kasus.

Dirlantas Polda Jateng Kombes Pol Rudy Syafirudin mengatakan dari jumlah kecelakaan lalu lintas yang terjadi, korban meninggal dunia sebanyak 3.248 kasus pada 2020. Sedangkan pada 2019, korban meninggal dunia akibat kecelakaan lalu lintas sebanyak 3.531 kasus.

Menurutnya, untuk korban luka ringan juga mengalami penurunan sebanyak 11 persen dibanding tahun sebelumnya.

Rudy menjelaskan, beberapa kasus kecelakaan lalu lintas yang menonjol di Jateng di antaranya adalah kecelakaan yang menimpa wakapolres Purbalingga pada 1 Juni 2020 di tikungan Jembatan Sungai Muli Purbalingga. Kemudian, kasus lainnya adalah kecelakaan karambol di wilayah Wonosobo pada 30 September 2020.

“Laka lantas terbanyak ada di jalan tol. Untuk laka lantas menonjol yang sekarang terjadi, dan datanya baru masuk hari ini. Ada kecelakaan anggota Polri di KM 287 Brebes, dan itu adalah laka tunggal dan menyebabkan satu orang meninggal dunia,” kata Rudy, Rabu (30/12).

Lebih lanjut Rudy menjelaskan, pihaknya terus mengedukasi masyarakat untuk taat dan patuh pada peraturan lalu lintas. Tujuannya, untuk meminimalkan kejadian kecelakaan lalu lintas di wilayah Jateng.

“Masyarakat juga harus ikut serta dalam upaya menekan angka kecelakaan lalu lintas. Sehingga, angka kecelakaan dan fatalitas akibat kecelakaan lalu lintas semakin berkurang,” pungkasnya. (Bud)

Artikel sebelumnyaSepanjang 2020 Angka Kejahatan di Jateng Alami Penurunan 5,6 Persen
Artikel selanjutnyaPertashop Sudah Jangkau Wilayah Pelosok Jateng-DIY
Wartawan senior Radio Idola Semarang.