KPU Jateng Jamin Transparansi Selama Proses Pendaftaran Bakal Paslon

Pilkada Serentak

Semarang, Idola 92,6 FM – KPU Jawa Tengah menyatakan, tahapan pendaftaran bakal pasangan calon (paslon) mulai dibuka hari ini 4 September sampai 6 September 2020. Sesuai PKPU Nomor 10 Tahun 2020, yang datang di pendaftaran bakal pasangan calon dibatasi jumlahnya tetapi KPU memastikan dan menjamin transparansi prosesnya.

Komisioner KPU Jateng Putnawati mengatakan pendaftaran bakal paslon Pilkada 2020 sudah dibuka, dan seluruh pihak yang berkepentingan harus mematuhi protokol kesehatan pada saat melakukan pendaftaran ke kantor KPU kabupaten/kota setempat. Dirinya menyebutkan yang berhak hadir pada saat pendaftaran adalah bakal paslon dengan didampingi ketua dan sekretaris partai politik pengusul atau pengusung. Kemudian ditambah tim kampanye dua orang, seorang leasson officer (LO) dan perwakilan dari Bawaslu.

Putnawati menjelaskan, KPU juga melarang adanya arak-arakan pada saat proses pendaftaran ke kantor KPU. Hal ini berbeda, dengan gelaran pilkada sebelumnya.

Menurutnya, yang lebih lagi adalah KPU tetap memastikan dan menjamin bahwa pelaksanaan proses pendaftaran bakal paslon transparan dan bisa diketahui publik.

“Bagaimana dengan transparansi terkait dengan proses pendaftaran KPU kabupaten/kota, akan mengoptimalkan menggunakan sistem teknologi informasi. Artinya, proses pendaftaran di kantor KPU kabupaten/kota bisa disaksikan semua pihak walaupun di rumah masing-masing,” kata Putnawati, Jumat (4/9).

Lebih lanjut Putnawati menjelaskan, pada tahapan pendaftaran bakal paslon KPU masing-masing kabupaten/kota sudah berkoordinasi dengan instansi terkait. Misalnya saat pemeriksaan kesehatan menggandeng Ikatan Dokter Indonesia (IDI) Jateng, Himpunan Psikolog Indonesia (Himpsi) Jateng, BNN Jateng dan rumah sakit tipe A di Jateng.

“Termasuk juga koordinasi dengan kepolisian, pengadilan, kejaksaan, Bawaslu dan Dinas Pendidikan,” pungkasnya. (Bud)

Artikel sebelumnyaMencari Jalan Tengah yang Adil di Antara Lembaga Penyiaran dan Layanan Siaran Platform Digital?
Artikel selanjutnyaMasyarakat Terbantu Dengan Kehadiran Bus Trans Jateng