KPU Jateng Pastikan Logistik Pilkada 2020 Tak Ada Masalah

Logistik pilkada
Anggota KPU Kota Semarang dan personel Polrestabes Semarang menunjukkan logistik pilkada berupa kotak suara di gudang KPU.

Semarang, Idola 92,6 FM – KPU Jawa Tengah memastikan, logistik untuk Pilkada Serentak 2020 tidak ada masalah dan bisa terdistribusi sesuai jadwal. Termasuk, pencetakan untuk surat suara pilkada mendatang.

Komisioner KPU Jateng Paulus Widiyanto mengatakan logistik untuk Pilkada Serentak 2020 jumlahnya cukup banyak, karena ada 21 kabupaten/kota yang menggelar pilkada bersamaan. Selain itu, karena pilkada dilaksanakan di masa pandemi juga dipersiapkan alat-alat penunjang protokol kesehatan.

Paulus menjelaskan, beberapa sarana prasarana penunjang protokol kesehatan untuk pelaksanaan pilkada di antaranya adalah alat pelindung diri (APD) yang dipakai para petugas di Tempat Pemungutan Suara (TPS) maupun pemilih. Untuk APD, saat ini sudah mulai proses droping di masing-masing kabupaten/kota yang menggelar pilkada.

Menurutnya, APD yang disiapkan itu meliputi sarung tangan lateks dan sarung tangan plastik sekali pakai serta cairan desinfektan dan face shield.

“Untuk formulir-formulir memang ini belum proses cetak, karena kita masih menunggu peraturan KPU tentang pemungutan dan penghitungan suara yang nanti jenis-jenis formulir akan dilampirkan di situ. Sehingga, kita masih menunggu itu. Tapi pada dasarnya untuk hal teknis terkait tender dan lainnya, itu sudah berjalan hanya tinggal teknis itu saja,” kata Paulus, Selasa (17/11).

Lebih lanjut Paulus menjelaskan apabila surat suara sudah tercetak dan didistribusikan, maka dilanjutkan dengan proses penyortiran dan pelipatan surat suara serta packing. Sedangkan untuk template atau surat suara cetak huruf Braile bagi penyandang tuna netra, juga akan dibuat bersamaan dengan surat suara.

“Kami optimistis, urusan logistik pilkada sudah bisa selesai sesuai jadwal. Harapan kami semuanya tidak ada masalah, dan bisa berjalan sesuai dengan jadwal,” pungkasnya. (Bud)

BERIKAN KOMENTAR

Tulis komentar anda!
Tulis nama anda disini