KPU Jateng Tegaskan Penyelenggara Pemilu Tetap Pegang Integritas

Wahyu Setiawan
Komisioner KPU Wahyu Setiawan (rompi orange) mengenakan rompi tahanan usai menjalani pemeriksaan di gedung KPK, Jakarta, Jumat (10/1/2020) dini hari. (photo: kompas)

Semarang, Idola 92.6 FM – Kasus suap yang menimpa Komisioner KPU RI Wahyu Setiawan, membuat masyarakat menimbang kembali integritas dan netralitas dari penyelenggara pemilu. Namun, Ketua KPU Jawa Tengah Yulianto Sudrajat menegaskan bahwa jajarannya tetap komitmen dan menjaga netralitas untuk menyelenggarakan Pilkada Serentak 2020.

Ketua KPU Jateng Yulianto Sudrajat mengatakan kasus suap yang menimpa salah satu komisioner KPU RI, saat ini sudah ditangani aparat penegak hukum. Bahkan, yang bersangkutan juga telah mengundurkan diri dari lembaga penyelenggara pemilu.

Yulianto menjelaskan, jajarannya di tingkat kabupaten/kota se-Jateng akan terus mawas diri dalam rangka menyelenggarakan Pilkada Serentak 2020 mendatang. Salah satunya, dengan menegakkan integritas dan netralitas dari para penyelenggara pemilu.

Menurutnya, jajaran KPU Jateng juga akan mengawal kinerja dari KPU kabupaten/kota dari setiap tahapan penyelenggaraan Pilkada Serentak 2020.

“Hal ini sudah kami tegaskan kepada kawan-kawan di kabupaten/kota, dan kami akan bekerja secara transparan dan akuntabel serta kami yakin publik masih mempercayai kinerja kami yang ada di Jawa Tengah. Intinya, teman-teman KPU di 35 kabupaten/kota siap bekerja transparan dan menjaga integritas,” kata Yulianto, Rabu (15/1).

Lebih lanjut Yulianto menjelaskan, masyarakat di kabupaten/kota yang menyelenggarakan pilkada diharapkan tetap memberikan kesempatan kepada KPU kabupaten/kota bekerja maksimal. Sehingga, pesta demokrasi memilih calon kepala daerah bisa berjalan lancar. (Bud)

Artikel sebelumnya1.238 Wisawatan Asing Menumpang Kapal Pesiar Singgah di Kota Semarang
Artikel selanjutnyaMencermati Inkonsistensi Arah Kebijakan Pendidikan

BERIKAN KOMENTAR

Tulis komentar anda!
Tulis nama anda disini