Mengenal Adi Sarwono, Pegiat “Busa Pustaka” Bandar Lampung

Adi Sarwono saat melakukan kegiatan storytelling, dan kelas inspirasi

Semarang, Idola 92.6 FM-Ada banyak hal yang bisa menginspirasi seseorang untuk berbuat positif terhadap lingkungan sekitar. Seperti Adi Sarwono, pegawai swasta yang rela berkeliling setiap akhir pekan sambil membawa ratusan buku untuk bacaan anak-anak di Bandar Lampung secara gratis.

Adi Sarwono (30 tahun), akrab dipanggil Mang Adionooo, mendirikan perpustakaan keliling mandiri “Busa Pustaka” di Bandar Lampung. Mang Adionooo yang juga masih tercatat sebagai karyawan swasta ini terus mengembangkan perpustakaan keliling. Setiap menggelar lapak lebih dari 100 anak membaca buku. Kegiatan lapak baca diisi dengan baca buku gratis, storytelling, dan edukasi positif serta kelas inspirasi.

Latar belakang berdirinya Busa Pustaka karena melihat minimnya akses masyarakat terutama anak-anak dalam memperoleh bahan bacaan. Sebagai pegawai swasta di bidang pemasaran, Adi mesti mengunjungi daerah pelosok untuk menjual produk perusahaan tempat kerjanya. Ketika itulah ia melihat minat belajar anak-anak yang kerap tidak terfasilitasi.

Di tengah pandemi Covid-19, Adi juga menggunakan media sosial sebagai sarana pendukung. Melalui akun Instagram @busapustaka, ia kerap mendongengkan cerita-cerita menarik. Namun jika terpaksa door to door,  harus dipastikan dulu sebelum berangkat bahwa buku yang saya baca itu steril dan aman untuk anak-anak.

Selengkapnya mengenai kisah pejuang literasi dari Bandar Lampung, berikut ini wawancara radio Idola Semarang dengan Adi Sarwono. (her)

https://anchor.fm/radio-idola/episodes/wawancara-radio-Idola-Semarang-dengan-Adi-Sarwono-eg899f

Artikel sebelumnyaDinkes Jateng Sebut Tujuh Pegawai Panti Lansia Dinyatakan Sembuh
Artikel selanjutnyaBagaimana Memperkuat Penjagaan Kemanan Laut Indonesia?