Olah Limbah Kulit Semangka Antarkan Tim Mahasiswa Unnes Raih Medali Emas pada PIMNAS 2020

Tim Unnes Semarang
Dari kiri Neelam Puspitasari, Sarno Setiawan, Dr. Bambang Subali, M.Pd. (dosen pendamping), Rachmat Waluyo, Dewi Alfiyah, dan Harini Diyah Purwadi. (Photo: dok Rachmat)

Semarang, Idola 92.6 FM – Olah limbah kulit semangka menjadi pengaman Branded Produk, tim mahasiswa Universitas Negeri Semarang (UNNES), meraih medali emas pada PIMNAS ke-33 tahun 2020. Anggota tim terdiri dari; Rachmat Waluyo (Pendidikan Fisika), Sarno Setiawan (Kimia), dan Neelam Puspitasari (Pendidikan Fisika).

Mereka mengangkat fenomena pemakaian barang kw utamanya barang branded yang marak terjadi saat ini. Presentasi dengan judul “Sintesis Carbon nanodots dari Kulit Semangka dengan Metode Microwave sebagai Authentic Guard in Branded Product” inilah yang membuat tim meraih medali emas.

Dalam proses pembuatannya, Rachmat dan tim menggunakan material carbon dots yang mana pembuatannya menggunakan limbah kulit semangka yang belum optimal. Menurutnya, keunggulan pengabdian yang dibuat yakni proses produksi material anti pemalsuan yang murah, tidak beracun, proses produksi mudah, dan efektif digunakan sebagai material anti pemalsuan.

Selengkapnya mengenai olahan limbah kulit semangka karya tim mahasiswa Unnes, berikut ini wawancara radio Idola Semarang dengan Rachmat Waluyo, mahasiswa Fakultas Matematika dan Pengetahuan Alam (FMIPA) UNNES. (yes/ her)

Dengarkan podcast wawancaranya:

Artikel sebelumnyaDinas Perhubungan Petakan Potensi Macet di Masa Libur Akhir Tahun
Artikel selanjutnyaRefleksi 2020 dan Tantangan 2021: Pendidikan di Tengah Pandemi

BERIKAN KOMENTAR

Tulis komentar anda!
Tulis nama anda disini