Pemprov Jateng Dorong OPD Belanjakan Anggaran ke Produk UMKM

Ganjar Pranowo
Gubernur Ganjar Pranowo meminta OPD di Jateng membeli produk UKM.

Semarang, Idola 92,6 FM – Pemprov Jawa Tengah meminta kepada Organisasi Perangkat Daerah (OPD), agar membelanjakan anggaran untuk membeli produk buatan UMKM. Terutama produk kuliner yang dibisa dimanfaatkan untuk konsumsi rapat, agar bisa menjadi daya ungkit ekonomi rakyat.

Gubernur Ganjar Pranowo mengatakan seluruh kepala OPD di lingkungan Pemprov Jateng sudah diinstruksikan, ikut membangkitkan ekonomi kerakyatan. Yakni dengan memercepat penyerapan anggaran, agar perekonomian Jateng bisa menggelinding.

Menurutnya, dengan langkah tersebut bisa menumbuhkan daya beli masyarakat.

Ganjar menjelaskan, tidak hanya OPD yang digerakkan untuk membeli produk UMKM tapi juga para pegawai negeri sipil (PNS) di lingkungan Pemprov Jateng. Tidak hanya membeli produk UMKM, tetapi juga belanja kebutuhan sehari-hari di warung-warung tetangga.

“Mari kita ungkit ekonomi ini, dengan membelanjakan anggaran yang kita miliki. Maka masing-masing OPD kita minta untuk percepat penyerapan, agar kemudian konsumsi bisa meningkat. Sehingga, pekerjaan bisa berjalan Tapi tetap dengan protokol kesehatan. Nanti, ekonomi bisa menggelinding. Saya minta OPD-OPD kalau tiap hari belanja makanan yang dikonsumsi di kantor, belilah dari masyarakat pelaku UKM,” kata Ganjar, Rabu (12/8).

Lebih lanjut Ganjar menjelaskan, bagi masyarakat yang menjadi korban pemutusan hubungan kerja (PHK) dan kehilangan pekerjaan karena pandemi juga sudah diperhatikan pemerintah. Baik pemerintah pusat, maupun pemerintah daerah.

“Lewat Kartu Prakerja, itu bentuk perhatian dari pemerintah pusat kepada masyarakat korban PHK karena pandemi. Dari pemerintah daerah, kita dorong adanya pelatihan maunya apa kita bantu keterampilan berusaha,” pungkasnya. (Bud)

Artikel sebelumnyaMengenal Fenomena Awan Bergulung di Meulaboh Aceh
Artikel selanjutnyaDinkes Jateng Sebut Kasus Stunting di Wonosobo Tertinggi