Mengenal Fenomena Awan Bergulung di Meulaboh Aceh

Awan Bergulung di Meulaboh Aceh
Awan Bergulung di Meulaboh Aceh.

Semarang, Idola 92.6 FM – Warga Kabupaten Aceh Barat dan Nagan Raya Meulaboh, Aceh, dihebohkan dengan munculnya awan aneh yang bergulung di langit pada Senin, 10 Agustus 2020 lalu. Awan tersebut berbentuk kolom horizontal yang dapat menggelinding atau bergulung panjang apabila dalam awan mengalami perbedaan arah angin di lapisan bagian atas dan bawah.

Kepala Bidang Diseminasi Informasi Iklim dan Kualitas Udara BMKG Hary Djatmiko menerangkan bahwa awan itu sering disebut sebagai awan roll atau roll cloud. Roll cloud merupakan salah satu jenis awan arcus (Arcus Clouds) atau awan rendah, panjang dan tipis yang terkait dengan awan hujan disertai kilat atau petir dan angin kencang.

Awan tersebut terkadang terlihat di bawah awan Cumulonimbus. Kemunculan fenomena alam ini menjadi pertanyaan bagi sebagian warga. Benarkah awan tsunami tersebut pertanda munculnya bencana? Apa penyebab munculnya awan arcus?

Selengkapnya mengenai apa itu fenomena awan bergulung atau awan roll, berikut ini wawancara radio Idola Semarang dengan Kepala Pusat Meteorologi Publik BMKG, Fachri Radjab. (her)

Berikut podcast wawancaranya:

Artikel sebelumnyaDilema Pendidikan di Masa Pandemi, Bagaimana Mengatasinya?
Artikel selanjutnyaPemprov Jateng Dorong OPD Belanjakan Anggaran ke Produk UMKM

BERIKAN KOMENTAR

Tulis komentar anda!
Tulis nama anda disini