PLN Jateng-DIY Pastikan Respon Aduan Pelanggan Ditangani Kurang Dari 45 Menit

Command Center PLN
Seorang petugas di Command Center PLN memberi arahan kepada petugas di lapangan untuk mendatangi lokasi aduan, Selasa (18/8).

Semarang, Idola 92,6 FM – PLN Unit Induk Distribusi (UID) Jawa Tengah-Yogyakarta terus berupaya meningkatkan pelayanan kepada masyarakat, dengan memberikan respon cepat terhadap aduan pelanggan yang masuk. PLN akan memastikan, dalam waktu 45 menit petugas PLN terdekat akan tiba di rumah pelanggan yang mengadukan gangguan kelistrikan.

General Manager PLN UID Jateng-DIY Feby Joko Priharto mengatakan melalui Command Center PLN dan Borderless Zona Semarang ini, pihaknya memberikan inovasi layanan kepada pelanggan di wilayah Jateng-DIY. Yakni, memusatkan satu pelayanan PLN yang optimal dan maksimal kepada masyarakat.

Feby menjelaskan, melalui respon time yang diberikan PLN itu akan memberikan pelayanan aduan semakin cepat tertangani. Selain itu, juga semakin efektif dan produktif petugas PLN melayani masyarakat karena memanfaatkan kecanggihan teknologi.

Saat ini, Command Center PLN baru tersedia di wilayah Semarang, Purwokerto dan Yogyakarta.

“Kecepatan respon time 45 menit dan penyelesaian masalah maksimal tiga jam. Jadi, petugas kami paling lambat itu 45 menit sudah sampai depan rumah pelanggan. Ya umumnya kita realisasi sekitar 15-30 menit, tergantung jaraknya. Dengan Command Center ini bisa semakin cepat, karena kita tahu unit yang terdekat dari lokasi gangguan,” kata Feby di kantor PLN UP2D Semarang, Selasa (18/8).

Lebih lanjut Feby menjelaskan, dengan Command Center PLN ini pihaknya juga bisa memberikan service level kepada mitra yang berhasil melaksanakan tugasnya. Baik kedatangannya, maupun waktu penyelesaiannya.

Sementara Wali Kota Semarang Hendrar Prihadi memberikan apresiasi, terhadap inovasi yang diberikan PLN untuk melayani masyarakat pelanggan. Sebab, kebutuhan listrik sudah menjadi hal pokok bagi masyarakat.

“Ini menunjukkan sebuah keseriusan dari PLN, untuk melayani masyarakat di bidang listrik. Yang pasti, ini bisa meningkatkan kepuasan pelanggan karena masyarakat sekarang sangat bergantung pada pasokan listrik PLN. Dengan meminimalkan alur penugasan menjadi lebih cepat,” ucap Hendi.

Hendi berharap, inovasi dari PLN ini bisa semakin meningkatkan pelayanan kelistrikan kepada masyarakat. (Bud)