Polda Jateng Tanam 1 Juta Bakau di Pesisir Jepara

Irjen Pol Rycko Amelza Dahniel
Kapolda Jateng Irjen Pol Rycko Amelza Dahniel bersama Pangdam IV/Diponegoro Mayjen TNI Muhammad Effendi berfoto bersama usai penanaman bakau di Pantai Pungkruk Jepara, Jumat (21/2).

Semarang, Idola 92,6 FM – Dalam upaya mencegah abrasi dan kerusakan di wilayah pesisir pantai utara (pantura), dibutuhkan kegiatan konservasi lingkungan. Salah satunya, dengan penanaman pohon bakau untuk mencegah abrasi di Pantai Pungkruk Jepara, Jumat (21/2).

Kapolda Jawa Tengah Irjen Pol Rycko Amelza Dahniel mengatakan penanaman sejuta bakau ini merupakan program kelestarian hidup, yang digelar serentak sesuai arahan dari Kapolri. Selain itu, kegiatan tersebut juga sebagai bentuk kelanjutan dari program Polda Jateng Go Green yang sudah digelar sebelumnya.

Kapolda menjelaskan, penghijauan hutan bakau merupakan solusi cerdas dan inovatif untuk menjawab permasalahan di pesisir pantai pantura dari abrasi. Termasuk, dalam upaya menjaga kestabilan dari garis pantai.

Menurutnya, setelah wilayah pantai di Jepara, kegiatan serupa juga akan digelar di wilayah pantai Pati hingga Rembang.

“Tanam dan rawat pohon untuk bumi kita, tanam dan rawat pohon untuk generasi kita yang akan datang. Ini adalah merupakan program pelestarian lingkungan hidup, yang dilakukan serentak secara nasional dan dipimpin langsung kapolri. Dan untuk Jawa Tengah, kami laksanakan di Pantai Pungkruk Jepara,” kata Rycko.

Lebih lanjut Rycko menjelaskan, masyarakat yang ada di wilayah pesisir pantai juga diminta bisa menjaga kelestarian hutan bakau di wilayahnya. Karena, dengan keterlibatan masyarakat akan membuat kelestarian hutan bakau berlangsung lama.

“Kami ajak masyarakat lewat pak bupati, dan sudah sepakat untuk ikut merawat. Kalau ada yang roboh, bisa diberi penyangga,” pungkasnya. (Bud)

Artikel sebelumnyaSiswa SMPN 34 Semarang Bersih-bersih Ruang Kelas Usai Tergenang Banjir
Artikel selanjutnyaRSUP dr Kariadi Rawat 3 Pasien Pengawasan Dari Infeksi COVID-19

BERIKAN KOMENTAR

Tulis komentar anda!
Tulis nama anda disini