RSUP dr Kariadi Rawat 3 Pasien Pengawasan Dari Infeksi COVID-19

Agoes Oerip Poerwoko (tengah)
Direktur Medik dan Keperawatan RSUP dr Kariadi Semarang Agoes Oerip Poerwoko (tengah) ketika memberi penjelasan soal adanya tiga pasien yang dalam pengawasan terkait infeksi COVID-19, Jumat (21/2).

Semarang, Idola 92,6 FM – RSUP dr Kariadi Semarang kembali merawat tiga pasien dalam pengawasan dari infeksi COVID-19, karena memiliki riwayat usai pulang dari luar negeri. Ketiganya dirawat di ruang isolasi, dan masih menunggu hasil laboratorium dari Kementerian Kesehatan.

Direktur Medik dan Keperawatan RSUP dr Kariadi Semarang Agoes Oerip Poerwoko mengatakan ketiga pasien itu, terdiri dari dua WNI dan satu WNA Asal Jepang. Ketiganya diketahui baru saja melakukan perjalanan dari luar negeri, yang memang terdapat kasus infeksi COVID-19.

Agoes menjelaskan, dari hasil pengawasan sementara terhadap ketiga pasien itu satu di antaranya sudah tidak lagi dirawat di ruang isolasi. Namun, masih tetap dilakukan pemantauan.

Menurutnya, RSUP dr Kariadi sampai dengan saat ini total sudah melakukan pengawasan terhadap delapan pasien sejak merebaknya kasus COVID-19 dari Wuhan, Tiongkok akhir Januari 2020 kemarin.

“Jadi, sejak berkembangnya kasus Virus Corona atau yang sekarang disebut COVID-19 di RS Kariadi sampai hari ini sudah sempat merawat delapan pasien. Lima pasien terdahulu sudah pulang dengan baik, kemudian hari Rabu kemarin kami merawat pasien baru lagi ada tiga orang. Tiga pasien yang baru ini, kita kategorikan sebagai pasien pengawasan. Karena, sampai saat ini hasil konfirmasi laboratorium belum dinyatakan positif,” kata Agoes saat menggelar jumpa media, Jumat (21/2).

Lebih lanjut Agoes menjelaskan, pasien dalam pengawasan itu merujuk pada kriteria tertentu. Yakni ada gejala-gejala demam, batuk dan pilek serta gangguan pernafasan. Ditambah lagi, riwayat adanya perjalanan dari luar negeri di negara yang terdapat kasus COVID-19.

“Gejala-gejala itu ada pada ketiga pasien ini. Tapi kondisi sekarang, satu pasien sudah stabil dan dua lainnya masih mengalami gangguan pernafasan,” jelasnya.

Diketahui, ketiga pasien yang saat ini dirawat di ruang isolasi Ruang Rajawali RSUP dr Kariadi Semarang itu memang usai perjalanan dari luar negeri. WNA asal Jepang baru saja pulang dari negaranya, dan akan kembali bekerja di Jepara. Sedangkan satu pasien lainnya usai menjalankan ibadah umrah, dan lainnya perjalanan dari Eropa dan Timur Tengah. (Bud)

https://www.instagram.com/p/B81EITfHCqf/?utm_source=ig_web_copy_link

Artikel sebelumnyaPolda Jateng Tanam 1 Juta Bakau di Pesisir Jepara
Artikel selanjutnyaMenakar Polemik RUU Ketahanan Keluarga, haruskah negara mengurus ranah domestik?

BERIKAN KOMENTAR

Tulis komentar anda!
Tulis nama anda disini