Bagaimana Mendorong Integrasi Pendidikan Lingkungan ke Dalam Kurikulum

Ilustrasi Pendidikan Lingkungan
ilustrasi/businessupside

Semarang, Idola 92.6 FM – Isu perubahan iklim menjadi persoalan global seolah mengingatkan kita semua bahwa bumi merupakan rumah bersama. Bukan hanya bagi seluruh manusia tetapi juga bagi seluruh makhluk hidup di dalamnya.

Maka, tak heran jika Mendikbudristek Nadiem Makarim mewacanakan untuk mengintegrasikan pendidikan lingkungan ke dalam kurikulum. Pendidikan lingkungan hidup yang mengedepankan konsep berkelanjutan penting untuk transformasi sistem Pendidikan. Sebab, dampak perubahan iklim sudah terlihat dan dirasakan.

Ilustrasi Pendidikan Lingkungan
ilustrasi/conserve-energy-future

Lalu, apa yang mesti ditempuh agar pendidikan yang mengintegrasikan pendidikan lingkungan ke dalam kurikulum tak hanya menyentuh aspek kognitif tetapi juga sampai pada afektif dan membentuk etik anak-anak kita? Lalu, bagaimana pula mendesak korporasi agar ikut menghormati lingkungan sehingga tak menjadi contoh buruk para siswa?

Untuk memperoleh gambaran atas persoalan ini, radio Idola Semarang berdiskusi dengan beberapa narasumber, yakni: Aulia Wijiasih (Aktivis pendidikan lingkungan); Heru Purnomo (Sekretaris Jenderal Federasi Serikat Guru Indonesia (FSGI)); dan Prof Herry Purnomo (Peneliti Pusat Penelitian Kehutanan Internasional (CIFOR)/ Guru Besar IPB University). (her/yes/ao)

Simak podcast diskusinya:

Artikel sebelumnyaMochammad Arifin, Kades Sidorekso Kudus yang Sulap Sampah Jadi BBM
Artikel selanjutnyaMoeldoko Dorong Pemuda Milenial Garap Urban Farming

BERIKAN KOMENTAR

Tulis komentar anda!
Tulis nama anda disini