Mochammad Arifin, Kades Sidorekso Kudus yang Sulap Sampah Jadi BBM

Mochammad Arifin
Mochammad Arifin Kepala Desa Sidorekso Kecamatan Kaliwungu Kabupaten Kudus. (Photo dok Arifin)

Kudus, Idola 92.6 FM – Sampah menjadi problem dunia. Upaya mengatasinya pun beragam. Di tangan sosok kreatif dari Kabupatan Kudus, Jawa Tengah, sampah itu mampu diolah menjadi bahan bakar minyak (BBM) seperti minya tanah, bensin, dan thinner.

Sosok itu adalah Mochammad Arifin, Kepala Desa Sidorekso Kecamatan Kaliwungu, Kudus. Ia berinovasi mengolah sampah plastik menjadi BBM. Untuk memuluskan inovasi itu, Arifin mendatangkan alat (mesin pirolisis) dari Banjarnegara yang bisa mengubah sampah plastik jadi bahan bakar minyak.

Proses pengolahan limbah jadi BBM
Mochammad Arifin Kepala Desa Sidorekso dan tim saat memroses sampah menjadi bahan bakar minyak. (Photo dok Arifin)

Menurut Arifin, ide itu muncul karena selama ini pemkab Kudus sudah memeringatkan tiap desa agar bisa mengolah sampah. Penyebabnya karena pemkab tak mampu lagi menampung sampah.

Proses pengolahan limbah plastik jadi BBM
Sampah yang diolah dengan mesin seharga Rp200 juta ini, kemudian menjadi bahan bakar minyak. (Photo dok Arifin)

Jika berjalan lancar, maka akhir November 2021 pemdes Sidorekso akan mempunyai 3 mesin untuk mengolah sampah ini. Dengan demikian akan mengatasi masalah desa. Selain sampah bisa diolah, hasil pengolahan tentu mempunyai nilai ekonomi.

BBM dari limbah plastik
Bbm hasil olahan sampah. (Photo dok Arifin)

Selengkapnya, mengenal inovasi sampah yang bisa diolah menjadi BBM, berikut ini wawancara radio Idola bersama Mochammad Arifin, Kepala Desa Sidorekso Kecamatan Kaliwungu, Kabupaten Kudus. (yes/her)

Simak podcast wawancaranya: