Bawaslu Jateng Bentuk Saka Adhyasta Pemilu

Anik Solihatun
Anik Solihatun, Komisioner Bawaslu Jateng.

Semarang, Idola 92,6 FM – Bawaslu Jawa Tengah akan membentuk Saka Adhyasta Pemilu, yang menjadi wadah partisipatif kepemiluan di bidang kepramukaan. Program tersebut merupakan salah satu usaha, untuk meningkatkan partisipasi masyarakat dalam mengawasi pelaksanaan pemilu.

Komisioner Bawaslu Jateng Anik Solihatun mengatakan Saka Adhyasta Pemilu menggandeng organisasi Gerakan Pramuka, sebagai agen partisipatif untuk mengawal pesta demokrasi rakyat lima tahunan. Pernyataan itu dikatakannya saat dihubungi, kemarin.

Menurut Anik, Bawaslu Jateng akan menjalin kerja sama dengan masing-masing kwartir cabang (kwarcab) di kabupaten/kota se-Jateng.

Anik menjelaskan, dibentuknya Saka Adhyasta Pemilu ini menjadi wadah pendidikan kepramukaan guna menyalurkan minat dan pengembangan bakat serta meningkatkan pengetahuan dan kemampuan. Termasuk, menambah pengalaman para anggota Pramuka dalam rangka peningkatan ketahanan nasional.

“Inikan wadah yang melatih pendidikan keterampilan terkait minat khusus, dalam hal ini terkait pengawasan. Di dalam Gerakan Pramuka kita tahu itu ada tingkatan penegak dan pandega. Kita berpesan agar supaya anggota Pramuka dari tingkatan penegak dan pandega, itu aktif mengikuti dinamika proses dan lain-lain terkait dengan aktivitas kepemiluan,” kata Anik.

Anik lebih lanjut menjelaskan, saat ini sudah ada 15 kabupaten/kota di Jateng yang melakukan kerja sama untuk merintis Saka Adhyasta Pemilu. Beberapa kabupaten/kota itu di antaranya adalah Kabupaten Pati, Sragen, Kota Salatiga dan Kabupaten Banyumas.

“Diharapkan, nantinya semakin banyak kabupaten/kota di Jawa Tengah yang akan menjalin kerja sama dengan kwarcab di wilayahnya masing-masing,” pungkasnya. (Bud)

Artikel sebelumnyaAsrama Haji Donohudan Dua Pekan Disiapkan Jadi RS Darurat COVID-19
Artikel selanjutnyaPolda Jateng dan Bea Cukai Pelabuhan Tanjung Emas Semarang Tangkap Penerima Paket Sabu Asal Malaysia

1 KOMENTAR

BERIKAN KOMENTAR

Tulis komentar anda!
Tulis nama anda disini